ads

5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 13 April 2022 | 10:39 WIB
 5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

ILUSTRASI. Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia


MOMSMONEY.ID - Penderita anemia memiliki kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal sel-sel darah merah bertugas mengalirkan nutrisi dari makanan ke setiap sel tubuh.

Akibatnya ketika menjalankan puasa, tidak jarang pengidap anemia jadi merasa lemas, pusing, jantung berdebar bahkan pingsan.

Jadi, pengidap anemia yang ingin berpuasa, sebaiknya membicarakan terlebih dahulu dengan dokter tentang pola makan saat puasa.

Bila kondisi anemia yang dialami cukup berat dan sampai membutuhkan transfusi darah, maka dokter tidak akan menganjurkanmu untuk berpuasa.

Baca Juga: Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Namun, bila kondisi anemia yang Anda alami tergolong ringan dan dokter mengizinkanmu untuk berpuasa, maka Anda perlu memerhatikan beberapa tips ini.

Dilansir dari Healthline dan Web MD, inilah beberapa tips berpuasa aman untuk penderita anemia, antara lain: 

1. Memilih makanan yang tepat saat sahur

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang pertama adalah memilih makanan tepat saat sahur. Saat sahur, konsumsilah makanan bernutrisi lengkap, termasuk sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat. Serat dapat memperlambat penyerapan, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mencegah timbulnya rasa lemas.

2. Minum suplemen

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang kedua adalah minum suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan vitamin B seperti asam folat.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER