HOME, Bugar

5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

 5 Tips Berpuasa Aman untuk Penderita Anemia

MOMSMONEY.ID - Penderita anemia memiliki kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal sel-sel darah merah bertugas mengalirkan nutrisi dari makanan ke setiap sel tubuh.

Akibatnya ketika menjalankan puasa, tidak jarang pengidap anemia jadi merasa lemas, pusing, jantung berdebar bahkan pingsan.

Jadi, pengidap anemia yang ingin berpuasa, sebaiknya membicarakan terlebih dahulu dengan dokter tentang pola makan saat puasa.

Bila kondisi anemia yang dialami cukup berat dan sampai membutuhkan transfusi darah, maka dokter tidak akan menganjurkanmu untuk berpuasa.

Baca Juga: Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Namun, bila kondisi anemia yang Anda alami tergolong ringan dan dokter mengizinkanmu untuk berpuasa, maka Anda perlu memerhatikan beberapa tips ini.

Dilansir dari Healthline dan Web MD, inilah beberapa tips berpuasa aman untuk penderita anemia, antara lain: 

1. Memilih makanan yang tepat saat sahur

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang pertama adalah memilih makanan tepat saat sahur. Saat sahur, konsumsilah makanan bernutrisi lengkap, termasuk sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat. Serat dapat memperlambat penyerapan, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mencegah timbulnya rasa lemas.

2. Minum suplemen

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang kedua adalah minum suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan vitamin B seperti asam folat.

3. Konsumsi kalsium dan vitamin C

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang ketiga adalah mengonsumsi kalsium dan vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi.

Selain zat besi, dua nutrisi lainnya yang tidak kalah penting untuk pengidap anemia adalah kalsium dan vitamin C.

Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan seperti ikan teri dan susu.

Sedangkan asupan vitamin C bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, mangga, stroberi, serta sayuran seperti brokoli, kubis, dan wortel.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Imunitas Saat Berpuasa

4. Banyak mengonsumsi zat besi

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang keempat adalah banyak mengonsumsi zat besi. 

Menu untuk berbuka puasa maupun sahur sebaiknya yang mengandung zat besi tinggi, karena zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan sel darah merah.

Makanan yang kaya akan zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, kuning telur, hati, dan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli. 

5. Kurangi minuman berkafein dan bersoda

Tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang terakhir adalah mengurangi minuman berkafein dan bersoda. 

Kedua jenis minuman tersebut dapat mengganggu penyerapan zat besi. Jadi selama berpuasa, kurangilah minum kopi, teh hitam, dan soft drinks.

Itulah beberapa tips berpuasa aman untuk penderita anemia yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News