HOME, Keluarga

5 Tips Berikut Ini Bisa Meringankan Tugas Para Single Mom di Rumah

5 Tips Berikut Ini Bisa Meringankan Tugas Para Single Mom di Rumah

MOMSMONEY.ID - Menyandang gelar single mom tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, single mom dituntut untuk melakukan berbagai tanggung jawab yang seharusnya dipikul bersama pasangan.

Nah, supaya peran ganda yang harus dilakukan tidak terasa begitu berat, para single mom pun diharuskan untuk pintar memutar otak dalam melakukan setiap tanggung jawabnya.

Untuk meringankan tugas Anda sebagai single mom, yuk praktikkan 5 tips berikut ini!

Baca Juga: Ketika Anak Sedang Ketakutan, Stop Lakukan 5 Kebiasaan Ini Mulai dari Sekarang!

1. Bangun support system

Menjadi seorang single mom tentu tidak mudah. Oleh sebab itu, penting bagi para single mom untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang bersedia mendukungnya setiap waktu.

Selain dari lingkungan keluarga, support system juga bisa ditemukan di berbagai forum online yang anggotanya terdiri dari sesama single parent.

Single mom dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook sebagai wadah untuk berbagi cerita, bertukar informasi seputar parenting, atau sekadar memberikan dukungan kepada sesama single parent.

2. Berikan tugas kepada anak

Kebanyakan orang tua tentu ingin anak-anaknya bahagia. Namun, bukan berarti Anda harus melakukan segala pekerjaan rumah tangga sendirian dan membiarkan anak Anda bersantai hanya karena Anda begitu menyayanginya.

Selain meringankan tugas Anda sebagai single mom, memberikan pekerjaan rumah tangga kepada anak sesuai dengan usia, juga berguna memperkuat ikatan antara Anda dengan mereka.

Ketika kegiatan bersih-bersih rumah dilakukan secara bersama-sama dengan anak, itu artinya waktu kebersamaan Anda dengan mereka pun semakin bertambah.

3. Buat tradisi keluarga

Meskipun jauh dari kata mewah, namun tradisi keluarga akan memberikan anak-anak Anda rasa aman sekaligus dukungan.

Contohnya, Anda bisa membuat acara khusus setiap malam minggu seperti memasak bersama, makan malam, dan dilanjutkan dengan menonton film bersama di ruangan yang sudah didekorasi menyerupai bioskop.

Jika dilakukan secara rutin, tradisi yang telah Anda buat pasti akan menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh anak Anda.

4. Tetap berhubungan baik dengan mantan pasangan

Meski tidak semua single mom bisa melakukannya, namun tips ini sebaiknya diterapkan jika keadaan benar-benar mendukung. Pasalnya, pengasuhan yang baik bersama mantan pasangan sangat bermanfaat bagi semua pihak khususnya anak Anda.

Saat Anda dan mantan pasangan berkomitmen untuk sama-sama bekerja keras dalam menjaga hubungan yang sehat demi anak-anak, tugas yang harus Anda pikul sebagai single mom pun akan terasa lebih ringan.

Anda dan mantan pasangan tentu bisa saling bergantian dalam mengasuh anak jika salah satu di antara kalian memiliki kesibukan lain. Dengan begini, anak pun akan menilai positif kerja sama yang telah Anda lakukan bersama mantan pasangan Anda tersebut.

5. Bersikap baik kepada diri sendiri

Dengan semua tanggung jawab tambahan sebagai single mom, maka jangan ragu untuk melakukan me time. Jangan sampai tugas Anda sebagai single mom membuat Anda abai terhadap kebahagiaan diri sendiri.

Setiap beberapa hari dalam seminggu, lakukanlah perawatan diri guna merelakskan tubuh dan pikiran Anda. Anda bisa mengisi waktu luang dengan berendam air hangat, meditasi, atau pergi ke salon untuk mempercantik penampilan.

Yang paling penting, turunkanlah ekspektasi Anda terhadap apapun karena kebiasaan tersebut dapat membebani pikiran Anda.

Selalu ingat juga untuk tidak memaksakan diri menyelesaikan suatu pekerjaan yang sebenarnya bisa dilanjutkan besok. Hal ini dilakukan untuk menjaga fisik dan mental Anda tetap stabil sekaligus memberikan sedikit kelonggaran dalam kehidupan Anda sebagai seorang single mom.

Itulah 5 tips yang bisa Anda coba untuk meringankan tugas Anda sebagai single mom. Semoga bermanfaat dan tetap semangat ya!

Selanjutnya: 4 Cara Menjaga Api Asmara Tetap Membara dalam Hubungan Pernikahan, Romantis Terus!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News