HOME, Bugar

5 Tips Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

5 Tips Berhenti Merokok yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Berhenti merokok menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan. Namun Anda bisa mencoba untuk memulai berhenti merokok saat berpuasa. 

Menghindari pemicu merokok, Anda bisa mengunyah permen karet, menunda waktu merokok, dan jangan memulai meski hanya satu batang bisa jadi tips berhenti merokok di bulan puasa

Saat berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi atau proses pengeluaran racun. Proses ini diikuti oleh meningkatkan fungsi dan kinerja organ-organ tubuh, termasuk pengeluaran nikotin. 

Berhenti merokok menjadi salah satu langkah tepat untuk meningkatkan kesehatan fungsi organ paru-paru.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi Saat Bulan Puasa 

Saat berhenti merokok, paru-paru memiliki kesempatan untuk memperbaiki, sehingga Anda akan bernapas lebih mudah. 

Dilansir dari National Health Service UK dan Centers for Disease Control and Prevention, berikut ini adalah tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa, antara lain: 

1. Hindari keinginan meski hanya satu batang

Tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa yang pertama adalah menghindari keingingan meski hanya satu batang. 

Seseorang yang ingin berhenti merokok mungkin tergoda meski hanya ingin menghisap satu batang saja untuk memenuhi hasratnya.

Sebaiknya hal tersebut tidak dilakukan, karena sekali mencoba Anda akan sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Jika sudah berniat, sebaiknya lakukan dengan sepenuh hati.

2. Berolahraga

Tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa yang kedua adalah berolahrga. Olahraga juga dapat mengurangi kecanduan nikotin.

Jadi, saat keinginan merokok datang, alihkan hasrat tersebut dengan melakukan olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang.

3. Menunda untuk merokok

Tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa yang ketiga adalah menunda untuk merokok. Jika memiliki hasrat ingin merokok yang tinggi, Anda harus menundanya. 

Dalam jangka waktu tersebut, Anda bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan kesibukan. Tips ini cukup ampuh untuk menggagalkan keinginan merokok yang tinggi.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 4 Penyebab Terjadinya Stroke Ringan

4. Hindari pemicunya

Tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa yang keempat adalah menghindari pemicunya. 

Dorongan merokok sangat tinggi ketika Anda berada di situasi dan lingkungan tertentu, seperti saat berada di pesta atau bar.

Selain itu, saat sedang stres atau mengonsumsi kopi menjadi pemicu seseorang ingin merokok. Jadi, sebaiknya hindari sejumlah keadaan tersebut.

Itulah beberapa tips berhenti merokok yang bisa dilakukan saat berpuasa, jika Anda ingin memulainya.

Jika sejumlah langkah tersebut tidak ampuh, Anda disarankan menemui dokter di rumah sakit terdekat untuk melakukan langkah perawatan, seperti terapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News