Keluarga

5 Tips Baking Ala Profesional yang Hanya Diajarkan di Sekolah Kuliner

5 Tips Baking Ala Profesional yang Hanya Diajarkan di Sekolah Kuliner

MOMSMONEY.ID - Suka bikin kue dan roti tapi tidak pernah sekolah kuliner? Tenang, ada beberapa tips baking ala sekolah kuliner profesional yang akan MomsMoney ungkapkan sekarang juga.

Baking merupakan sebuah teknik memasak yang mengacu pada oven untuk mematangkan makanan yang dibuat. Baking tidak menggunakan air ataupun minyak.

Ada banyak makanan yang bisa dimasak dengan teknik baking, yang paling sering adalah pastry, cookies, hingga roti. Lantas, apa saja tips baking ala profesional? Melansir dari Eat This dan Cleverona, ini dia artikelnya.

Baca Juga: Perbedaan Mentega dan Margarin, Manakah yang Paling Pas untuk Baking?

Timbang bahan-bahan

Tiap kali memasak, banyak di antara kita pasti mengukur bahan menggunakan ukuran sendok. Namun, jika Anda ingin mengikuti tips baking ala profesional, maka ukurlah bahan-bahan tadi menggunakan timbangan.

Pastry chef menyarankan Anda untuk mengukur bahan-bahan yang diperlukan agar takarannya pas. Sebab jika menggunakan takaran sendok (bukan timbangan), maka biasanya bahan yang diperlukan tidak pas ukuran.

Gunakan air panas

Tak semua orang tahu, tips baking ala profesional ini disarankan hampir oleh seluruh chef di dunia.

Kita semua pasti menyimpan segala bahan seperti telur atau tepung di kulkas agar awet, bukan? Sementara itu, semua bahan yang akan dimasak haruslah dalam suhu ruang, bukan suhu dingin.

Akali tahapan ini dengan menggunakan air panas atau mangkuk panas. Caranya, ambil butter, telur, atau sederet bahan lainnya yang bersuhu dingin & masukkan ke dalam mangkuk berisi air panas.

Tahapan ini harus dilakukan sebentar saja hanya sampai suhu dari bahan-bahan jadi menurun.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

Jangan asal campur bahan

Annabella Patisserie

Ingin menambahkan sedikit isian pada kue atau donat buatanmu? Hati-hati, jangan asal mencampurkan bahannya, ya!

Para baker & pastry chef menyarankan untuk selalu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menambahkan bahan-bahan tersebut.

Misalnya saat ingin menambahkan choco chips, maka tambahkan choco chips ke dalam adonan sebelum tepung tercampur rata.

Sebab, jika adonan tepung terlebih dahulu rata, barulah memasukkan choco chips, maka tepung akan over-mix. Alhasil, adonan kue jadi bantat.

Baca Juga: Lada Hitam vs Lada Putih, Inilah 4 Perbedaan Utama Kedua Bumbu Masakan

Tambahkan sedikit asam

Air lemon

Tips baking ala profesional seperti yang dikatakan oleh Pastry Chef Aisha Momaney menyebutkan, rahasia adonan dapat mengembang dengan baik adalah dengan menambahkan sedikit asam ke dalam adonan.

Anda dapat menambahkan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam adonan. Tenang, adonanmu tak akan berubah menjadi asam, kok. Sebab asam ini hanya akan bereaksi membuat adonan mengembang.

Baca Juga: 5 Cara Pintar Pisahkan Kuning Telur dengan Mudah, Dijamin Anti Gagal!

Selalu gunakan parchment paper

Chef Thomas Keller, dikutip dari Eat This, menyarankan para baker untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan makanan yang dibuat. Selalu hindari interaksi langsung antara kue dan roti yang dibuat dengan loyang dari bahan metal.

Maka solusinya, selalu gunakan parchment paper setiap kali memanggang makanan.

Tak hanya itu, kegunaan parchment paper dalam proses baking juga membuat kue dan roti ciptaanmu matang merata tanpa gosong.

Itu dia sederet tips baking ala profesional yang disarankan para chef dunia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News