Bugar

5 Tips Ampuh Membantu Anda Menjaga Kesehatan Jiwa

5 Tips Ampuh Membantu Anda Menjaga Kesehatan Jiwa

MOMSMONEY.ID - Beberapa tahun belakangan ini kesehatan mental mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, kesehatan mental bukanlah suatu gangguan yang dapat dilihat secara jelas.

Banyak gangguan mental yang dapat terjadi pada orang yang terlihat sehat, seperti perasaan gelisah, depresi, dan sebagainya. 

Hal ini juga dapat berhubungan dengan cara Anda mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari. Memang, umumnya seseorang yang mengalami gangguan pada kesehatan mentalmental sulit mengendalikan emosinya. 

Baca Juga: Bisa Anda Coba! Ini 5 Tips Mencegah Gangguan Kecemasan

Dirangkum dari Mental Health, inilah beberapa tips ampuh yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jiwa, antara lain:  

Tuliskan hal-hal yang perlu disyukuri

Rasa bersyukur bisa memengaruhi kualitas kesehatan mental serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri.

Secara umum merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi Anda perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. 

Fokus pada satu hal pada satu waktu

Fokus kepada tujuan melepaskan emosi negatif atau sulit. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang.

Ketika pikiran Anda terbang melayang hingga menyebabkan Anda overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini Anda tengah lakukan.

Lakukan sesuatu untuk orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan Anda tentang diri sendiri.

Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidupmu.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Cara Mengatasi Stres pada Remaja

Tidur tepat waktu

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari.

Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

Mengonsumsi makanan yang menyehatkan

Dengan memastikan asupan yang masuk ke tubuh Anda selalu sehat dan nikmat, maka Anda juga dapat mempunyai kesehatan mental yang lebih baik.

Hal tersebut karena otak, yang merupakan faktor memengaruhi mental, menjadi lebih sehat. Karbohidrat yang masuk dapat meningkatkan serotonin sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan mental, ada baiknya Anda lakukan sesegera mungkin.

Dengan tips ini, Anda bisa menjaga kesehatan jiwa agar menjadi lebih baik. Jangan tunggu hingga kesehatan mental Anda menjadi taruhannya karena gangguan yang semakin kritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News