5 Tips Aman Membersihkan Maskara Waterproof, Sudah Tahu?

Reporter: Ana Risma
Kamis, 25 November 2021 | 19:29 WIB
5 Tips Aman Membersihkan Maskara Waterproof, Sudah Tahu?

ILUSTRASI. Tips membersihkan maskara waterproof

MOMSMONEY.ID - Maskara menjadi salah satu produk makeup yang cukup banyak digemari oleh para pecinta makeup. Berkat kemampuannya, maskara dapat membuat mata terlihat jauh lebih hidup dengan cara memperpanjang atau memberikan volume pada bulu mata secara instan. Selain praktis digunakan, maskara juga cenderung terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat belanja kosmetik.

Saat ini, jenis maskara semakin bervariasi entah itu dari segi packaging, sikat, warna, maupun formulanya. Untuk formula, maskara dengan klaim waterproof jauh lebih disukai daripada maskara biasa. Hal ini dikarenakan maskara waterproof memiliki keunggulan dalam hal daya tahan karena tidak akan luntur ketika terkena air.

Meskipun lebih awet, nyatanya maskara waterproof lebih susah untuk dibersihkan sehingga membutuhkan usaha ekstra. Selain kesabaran, pembersihan maskara waterproof juga harus dilakukan dengan cara dan produk yang aman supaya tidak membuat bulu mata rontok. Melansir BeBeautiful, inilah 5 tips aman membersihkan maskara waterproof yang harus Anda ingat baik-baik.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini untuk Selalu Merawat Wajah & Tubuh

1. Gunakan alat pembersih khusus

Untuk memudahkan proses pembersihan maskara waterproof yang Anda pakai, Anda bisa memanfaatkan kapas baik itu kapas alami maupun reusable cotton pad. Pilihlah kapas yang memiliki tekstur lembut dan bebas bahan kimia berbahaya untuk mencegah terjadinya iritasi pada mata Anda.

Jika Anda kehabisan kapas, Anda bisa menjadikan face cloth sebagai alternatif. Sebelum digunakan, pastikan face cloth yang Anda miliki dalam keadaan bersih dan lembabkan terlebih dahulu dengan air agar maskara dapat terangkat maksimal.

2. Bersihkan maskara secara lembut

Jangan berani-berani untuk mencoba menghapus maskara waterproof Anda dengan keras. Pasalnya, mencoba menghapus maskara secara agresif dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kelopak mata tergores, bulu mata rontok, hingga sensasi terbakar. Jika Anda tidak ingin area mata Anda mengalami masalah-masalah tersebut, pastikan untuk menghindari cara pembersihan yang tidak disarankan.

Hapuslah maskara Anda dengan gerakan yang lembut walaupun Anda sedang terburu-buru atau kelelahan. Dengan begini, bulu mata Anda akan kembali bersih tanpa membuatnya rontok.

3. Bersihkan wajah setelah menghapus maskara

Terlepas dari apapun produk eye makeup remover yang Anda gunakan, membersihkan wajah setelah menghapus maskara adalah hal yang sangat disarankan. Ini akan membantu menghilangkan sisa residu dan kotoran yang masih tertinggal di wajah Anda dengan maksimal.

Setelah mata dan seluruh bagian wajah bersih, jangan lupa untuk melakukan rutinitas skincare Anda selanjutnya ya.

4. Hindari produk yang bisa mengiritasi mata

Produk pembersih yang mengandung bahan-bahan seperti alkohol dan wewangian patut untuk Anda hindari. Hal ini dikarenakan alkohol dan wewangian dapat mengiritasi area mata yang terkenal sensitif.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu produk eye makeup remover, pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut bebas dari alkohol dan wewangian ya.

5. Jangan menggosok-gosok mata Anda

Menggosok mata saat proses pembersihan maskara waterproof cenderung berbahaya dan jauh dari kata baik. Kebiasaan menggosok mata tidak hanya akan menyebarkan produk maskara yang tersisa ke seluruh wajah melainkan juga dapat menyumbat pori-pori.

Tak hanya itu, membersihkan maskara dengan cara digosok-gosok juga dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda lho. Tentu Anda tidak ingin bulu mata Anda lama-kelamaan menjadi botak, bukan?

Moms, itulah 5 tips aman membersihkan maskara waterproof yang susah dihapus. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk dipraktikkan dan hentikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merugikan mata Anda ya, Moms. Semoga bermanfaat!

 

 

Selanjutnya: Ditutup menguat, simak proyeksi pergerakan IHSG pada perdagangan Jumat (26/11)

Editor: Ana Risma
Terbaru