HOME, Keluarga

5 Tempat yang Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah, Waspada!

5 Tempat yang Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah, Waspada!

MOMSMONEY.ID - Musim hujan biasanya menyebabkan genangan air yang disukai nyamuk untuk berkembang biak.

Jika dibiarkan, hal ini tentu dapat membahayakan kesehatan manusia karena ada beberapa jenis nyamuk tertentu yang menyebarkan penyakit seperti DBD.

Untuk menghindari keberadaan nyamuk di rumah, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengidentifikasi tempat mana saja yang berpotensi menjadi sarang nyamuk di rumah.

Nah, kira-kira tempat mana saja di rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk? Dilansir dari Stuckbrands.com dan India Times, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bukan Saja Bikin Nyaman, Rumah Bersih Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh!

Ember dan tong

Ember dan tong yang diletakkan di luar rumah dapat menampung air saat hujan turun. Akibatnya, air yang terkumpul pada ember dan tong tersebut bisa menjadi sarang nyamuk.

Untuk mengatasinya, tutup ember dan tong jika tidak digunakan, dan pastikan tidak ada celah yang memungkinkan air untuk masuk. Atau, segera buang air yang terkumpul di ember dan tong, lalu balikkan supaya tidak mudah menampung air.

Pot dan vas tanaman

Pot tanaman yang disiram terlalu banyak bisa menyebabkan air menggenang di permukaannya. Selain itu, bagian tatakan pot yang ada di bagian bawah juga dapat tergenang air dan menjadi sarang nyamuk walaupun cukup dangkal.

Hal yang sama berlaku untuk vas tanaman yang diisi air dan tidak diganti dalam waktu lama. Solusinya, siram tanaman secukupnya, buang air yang berlebih pada pot dan tatakannya, dan ganti air di dalam vas secara rutin.

Tempat minum hewan peliharaan

Jangan salah, tempat minum hewan peliharaan yang penuh dengan air juga dapat menjadi sarang nyamuk, lo.

Supaya tempat minum hewan peliharaan kesayangan Anda tidak berkembang menjadi sarang nyamuk, jangan diamkan tempat minum tersebut terlalu lama dan sering-seringlah mengganti airnya secara rutin.

Baca Juga: Ini 6 Tips Gampang Agar Baju Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Bak kamar mandi

Bak penampung air di kamar mandi merupakan salah satu tempat utama yang kerap dimanfaatkan nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan penutup pada bak kamar mandi untuk mencegah nyamuk datang dan bersarang di sana. Atau, kuras dan bersihkan bak kamar mandi secara rutin.

Genangan air AC dan dispenser

Jika Anda menggunakan AC dan dispenser di rumah, mungkin Anda sudah akrab dengan genangan air yang terbentuk di dekatnya.

Jika dibiarkan begitu saja, genangan air AC dan dispenser bisa menjadi sarang nyamuk, lo. Karena itu, jangan lupa untuk selalu membuang atau mengeringkan genangan air tersebut.

Nah, itulah 5 tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk di rumah. Jangan lupa, selalu awasi lingkungan sekitar Anda dan bersihkan rumah Anda secara rutin supaya terhindar dari nyamuk di musim hujan ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News