Santai

5 Tanda Tubuh Kekurangan Kalori, Nomor 3 Bikin Kaget!

5 Tanda Tubuh Kekurangan Kalori, Nomor 3 Bikin Kaget!

MOMSMONEY.ID - Selama menjalankan program diet, tentunya mengatur porsi makanan yang dikonsumsi menjadi perhatian penting. Banyak orang yang mengurangi porsi makan saat sedang dalam program diet.

Namun, kurangnya asupan kalori sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh juga bisa menjadi permasalahan. Masalah kesehatan juga akan muncul jika ternyata tubuh mengalami kondisi kurang makan.

Baca Juga: Dijamin Auto Kinclong! Coba 5 Tips Grooming Ampuh bagi Pria Berikut Ini Yuk!

Berikut ini adalah beberapa tanda penting jika tubuh kekurangan makanan atau kekurangan kalori.

Mudah merasa lapar

Kurang makan atau kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan perubahan hormon yang membuat meningkatnya rasa mudah lapar.

Hal tersebut terjadi dikarenakan tubuh membutuhkan tenaga pengganti untuk menggantikan kurangnya makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Lemas

Kurangnya energi menjadi salah satu tanda yang diberikan tubuh karena kurangnya asupan kalori. Laman Health Line menjelaskan bahwa kurangnya asupan makanan pada tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan lemas.

Sehingga tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik untuk melakukan serangkaian aktivitas harian.

Baca Juga: Mencengangkan! Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Protein! Cari Tahu Yuk!

Rambut rontok

Kerontokan rambut juga bisa diakibatkan karena kurangnya kalori, protein, vitamin, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika tubuh dalam kondisi kurang makan maka bagian vital tubuh seperti jantung, otak, dan organ lainnya akan mendapat prioritas yang diutamakan tubuh ketimbang bagian rambut.

Mudah marah

Melansir dari laman Eating Well, nutrisi yang cukup diberikan ke dalam tubuh akan membantu tubuh menyalurkan senyawa kimia ke otak untuk merasakan perasaan senang.

Sehingga ketika tubuh kekurangan kalori atau makanan yang cukup akibatnya akan lebih mudah merasa tidak tenang dan mudah marah.

Tidur tidak nyenyak

Dengan mengurangi banyak asupan kalori ke dalam tubuh maka juga akan membuat susah untuk tidur nyenyak pada malam hari. Tubuh akan mengalami kesulitan untuk beristirahat dikarenakan tubuh masih sibuk untuk mencari nutrisi yang kurang.

Penting untuk mengetahui asupan kalori yang tepat bagi tubuh. Pastikan jika ingin mengurangi jumlah asupan kalori untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, agar dapat terhindar dari resiko kurangnya makan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News