Keluarga

5 Tanda Tanaman Hias Butuh Tanah Segar dan Baru, Simak Ciri-Cirinya

5 Tanda Tanaman Hias Butuh Tanah Segar dan Baru, Simak Ciri-Cirinya

MOMSMONEY.ID - Merawat tanaman hias merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, terkadang tak banyak orang mengetahui tanda tanaman hias butuh tanaman segar dan baru. 

Karena itu, perlu mengganti tanah agar tanaman hias tetap subur. Tentu, ada tanda tanaman hias butuh tanah segar dan baru sehingga Anda perlu menggantinya. 

Mengganti tanah dengan yang baru akan membantu tanaman hias Anda semakin subur dan tidak layu.  

Baca Juga: 10 Bunga yang Bisa Ditanam di Air, Jadi Inspirasi Menanam Tanpa Tanah

Nah, berikut 5 tanda tanaman hias butuh tanah segar dan baru: 

1. Tanah terurai 

Mengutip The Spruce, tanah terurai menjadi tanda tanaman hias butuh tanah segar dan baru. 

Saat Anda melihat tanah "menghilang" dari pot, itu merupakan tanda tanaman hias butuh tanah segar. Hal ini normal ketika partikel-partikel runtuh seiring bertambahnya usia dan dari tanah mengalir keluar saat disiram. 

Hilangnya tanah ini tampaknya paling sering terjadi pada tanaman lidah mertua. Hal ini karena kebutuhan tanah tanaman tersebut sedikit sehingga sering diabaikan. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias untuk Hari Valentine, Bisa Jadi Kado Anti Mainstream

2. Tanah tampak tua 

Saat Anda menyirami tanaman, pastikan Anda memeriksa konsistensi tanah. Jika terlihat keras, padat, atau bahkan lepas dari tepi pot, saatnya Anda mengganti tanah. 

Tanah yang padat tidak pernah baik untuk tanaman karena mencekik akar sambil membatasi asupan air dan nutrisi.

Intinya, ini menghambat seberapa banyak tanaman Anda akan tumbuh dan bahkan bisa berakibat fatal. Tanah yang padat dapat diatasi dengan menganginkan tanah.

Tetapi, jika mendapati diri Anda mengaerasi setiap kali menyiram, kemungkinan besar waktu untuk menyegarkan tanah.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penumpukan mineral, yang dapat terlihat seperti tepung, jika air mengalir langsung dari pot, atau jika tanah membutuhkan waktu lama untuk mengering.

Itu semua merupakan tanda-tanda tanaman hias Anda perlu tanah segar dan baru. 

3. Musim tumbuh

Ingatlah bahwa tanah bukan hanya tanah. Tanah diisi dengan nutrisi, pupuk, dan bahan organik yang membantu tanaman Anda berkembang.

Jadi ketika musim semi tiba dan pertumbuhan baru sudah dekat, penting untuk menyegarkan tanah tanaman Anda.

Namun, ini tidak berarti Anda harus mengganti tanah di setiap tanaman Anda. Ini bisa menjadi tugas besar jika Anda memiliki banyak koleksi.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari tapi Tetap Bisa Hidup

4. Infestasi 

Hama adalah yang membuat tanaman hias menjadi buruk. Mereka juga dapat merusak tidak hanya tanaman yang terinfeksi, tetapi seluruh koleksi Anda. 

Jika Anda melihat ada hama di tanaman hias, maka segeralah untuk mengganti tanah tersebut. 

Telur agas jamur, misalnya, dapat ditemukan hingga 3 inci di dalam tanah, dan busuk akar dapat dengan cepat membunuh tanaman Anda.

5. Tanaman tidak tumbuh

Jika tanaman Anda menunjukkan perubahan atau stres yang tidak enak dipandang dan Anda menilai semua kebutuhan dasarnya terpenuhi, inilah saatnya untuk mempertimbangkan kualitas tanah. 

Sebab tanah bertanggungjawab untuk menyediakan nutrisi dan air bagi tanaman, aman untuk mendukung kesehatan tanaman Anda dengan perubahan yang cepat.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai adalah pertumbuhan terhambat, tidak tumbuh sama sekali, akar mencuat, dan daun menguning.

Jika Anda melihat ini terjadi, yang terbaik adalah mengganti tanah dan ukurannya menjadi pot berdiameter 1 inci lebih besar, sehingga tanaman Anda memiliki ruang yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Itulah informasi mengenai tanda tanaman hias butuh tanah segar dan baru yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News