Keluarga

5 Tanda Moms Butuh Me Time Akibat Stres Mengurus Rumah dan Anak

5 Tanda Moms Butuh Me Time Akibat Stres Mengurus Rumah dan Anak

MOMSMONEY.ID - Moms mulai jenuh mengurus rumah dan anak namun suami kurang inisiatif membantu? Hati-hati, Moms bisa terkena stres cepat atau lambat. Mungkin sudah waktunya bagi Moms untuk melakukan me time.

Me time artinya meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Moms bisa melakukannya dengan cara melakukan hobi, menulis hal-hal yang diinginkan dalam buku diary, bertemu teman-teman, hingga berjalan-jalan sendirian.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Me time sendiri dilakukan harus tanpa adanya gangguan dari keluarga, suami, anak, ataupun pekerjaan, sehingga waktu me time jadi lebih efektif dan menyenangkan.

Namun terkadang Moms kurang menyadari tanda-tanda kelelahan dan stress berat yang sedang dialami tubuh. Untuk tahu apa saja tanda-tandanya, MomsMoney hadirkan 5 tanda Moms butuh me time sejenak untuk hilangkan stres. Melansir dari Sariwangi, berikut artikelnya!

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Mudah kesal

Mudah kesal jadi salah satu tanda yang paling sering terjadi saat seseorang sedang stres. Salah sedikit saja bisa membuat amarah meledak-ledak.

Jika itu sedang terjadi pada diri Moms, coba ambil waktu untuk menyendiri menikmati me time. Sebelum melakukannya, coba bicarakan hal ini pada pasanganmu agar tak terjadi kesalahpahaman.

Sulit berkonsentrasi dan mudah lupa

Stres menurunkan daya pikir sehingga otak jadi sering lupa dan sulit untuk fokus. Moms jadi lupa memasukkan garam ke masakan atau bahkan lupa letak barang-barang.

Banyak yang tak menyadari gejala stres yang satu ini, namun orang-orang disekitar pasti menyadarinya.

Dengan melakukan me time: meluangkan waktu untuk diri sendiri, menikmati kesendirian seperti saat-saat sebelum menikah, atau hanya dengan bertatap muka & mengobrol dengan sahabat lama bisa jadi salah satu opsi terbaik menghilangkan stres.

Pusing dan cepat lelah

Stres bisa menyebabkan imun menurun. Hal yang paling sering terjadi adalah kepala pusing dan badan jadi mudah lelah walaupun hanya melakukan aktivitas sepele. Jangan anggap remeh hal ini, ya Moms!

Moms bisa mengembalikan energi yang telah hilang dengan berdiam diri seharian di kamar, pergi berjalan-jalan sendirian ataupun bersama teman-teman. Nikmati waktumu sendirian dan usahakan untuk tidak memikirkan anak agar me time yang Moms lakukan benar-benar efektif.

Moms bisa menitipkan anak-anak sejenak pada orang tua atau mertua.

Baca Juga: 7 Tips Penting ala Koki yang Permudah Memasak Chinese Food di Rumah

Kurang peduli sekitar

Apabila sedang sangat jenuh, rasa empati jadi berkurang. Moms jadi acuh dan tak peduli dengan apa yang terjadi pada kondisi sekitar, entah keluarga, sahabat, ataupun pekerjaan.

Jika ini sudah terjadi pada dirimu, coba ambil segera ambil waktumu untuk cuti dari segala kegiatan rumah dan kantor. Moms butuh waktu untuk memperhatikan diri sendiri!

Baca Juga: Sering Masak Ikan Goreng? Intip 4 Cara Menggoreng Ikan Tanpa Takut Minyak Meletup

Sulit tidur

Tanda-tanda stres juga bisa terlihat dari gejala sulit tidur. Meski mata sudah sangat mengantuk, namun tidur jadi hal yang cukup sulit dilakukan. Rasanya kepala penuh dengan banyak beban pikiran.

Jika hal ini sering terjadi pada Moms, coba lakukan me time yang sebentar namun efektif untuk pulihkan gejala stres yang Moms alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News