Keluarga

5 Tanaman yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Letakkan di Dalam Ruangan

5 Tanaman yang Bagus untuk Kesehatan Mental, Letakkan di Dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 tanaman yang bagus untuk kesehatan mental di sini.

Lebih dari sekadar menyenangkan secara estetika, tanaman terutama yang diletakkan di dalam ruangan terbukti bisa meningkatkan kualitas udara, sistem kekebalan, dan produktivitas serta berdampak positif secara keseluruhan pada kesehatan mental.

Sebagaimana diungkapkan oleh para spesialis di Delamere Health, aktivitas kreatif seperti merawat tanaman dapat membantu memfokuskan pikiran dengan menenangkan otak dan tubuh.

Tentu, tidak semua tanaman diciptakan sama. Melansir Vogue, inilah beberapa tanaman yang bagus untuk kesehatan mental menurut para spesialis.

Baca Juga: Philodendron Disebut Tanaman Mirip Monstera, Kenali Jenis dan Perbedaannya

1. Bunga melati

bunga melati

Bunga melati diklaim mampu meningkatkan aktivitas otak, menginduksi tidur, dan membantu meringankan gejala penyakit mental.

Studi telah menyimpulkan bahwa aroma bunga melati memiliki manfaat terapeutik yang dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk depresi, stres, kecemasan, dan insomnia.

Aroma dari bunga melati secara langsung berdampak pada bahan kimia sistem saraf pusat otak bernama GABA dan menghasilkan ketenangan saraf, mengurangi kecemasan dan depresi ringan, serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Rosemary

Rosemary

Selain mampu menambah cita rasa masakan, rosemary juga dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam darah kita lho.

Penelitian menegaskan bahwa aroma rosemary bisa meningkatkan fungsi kognitif untuk membantu mengurangi gejala kecemasan.

3. Lavender

Lavender

Aroma lavender yang menenangkan menjadikannya sebagai aromaterapi yang sempurna.

Keharuman yang dihasilkan lavender diyakini dapat meningkatkan ketenangan serta mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan rasa sakit ringan.

Penelitian tentang perilaku pasien gigi mengungkapkan bahwa aroma lavender secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan pada peserta yang memiliki fobia. Juga, menciptakan rasa tenang alami pada pasien yang sedang menunggu perawatan.

Baca Juga: 5 Tips Menata Kamar Tidur yang Menenangkan untuk Anak, Anak Pasti Betah

4. Lidah buaya

tanaman lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan sifat anti-inflamasinya yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan penyakit kulit seperti sunburn, jerawat, dan eksim. Di sisi lain, tanaman multifungsi ini memiliki kemampuan memurnikan udara.

Penelitian tentang perilaku perawat menemukan bahwa paparan polusi dapat meningkatkan risiko gejala kecemasan termasuk rasa takut, keinginan untuk menghindar, dan kecenderungan untuk khawatir.

Kabar baiknya, tanaman lidah buaya mampu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara yang bisa mempengaruhi sistem pernapasan dan memicu perasaan stres serta tidak nyaman.

5. Lidah mertua

Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua tidak hanya mampu menambahkan sentuhan hijau yang indah pada rumah Anda, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menyerap polutan beracun.

Polutan beracun ini termasuk formaldehyde dan toluene yang bisa mempengaruhi tidur, suasana hati, dan tingkat energi.

Itulah sebabnya, tanaman lidah mertua menjadi pilihan dekorasi ruangan yang sempurna terutama bagi pemula yang menginginkan rumahnya terlihat bagus sekaligus mendapatkan pengaruh positif untuk kesehatan mental mereka.

Demikian 5 tanaman yang bagus untuk kesehatan mental. Mana favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News