HOME, Bugar

5 Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Cacar Air

5 Tanaman Herbal yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Cacar Air

MOMSMONEY.ID - Penyebab utama cacar air adalah infeksi virus varicella-zoster (VZV) yang termasuk ke dalam kelompok virus herpes.

Penularan virusnya sendiri dapat terjadi karena menyentuh bagian kulit yang terdampak atau kontak dekat dengan penderita. 

Meski tidak berbahaya, penyakit cacar air tetap saja perlu diwaspadai karena bisa berubah menjadi parah akibat infeksi bakteri. 

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan cacar air, termasuk dengan tanaman herbal. 

Penyakit cacar air biasanya akan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan sampai akhirnya infeksi virus melemah dengan sendirinya. 

Cara mengobati cacar air melalui tanaman herbal dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala agar infeksinya lebih cepat sembuh.

Berikut tanaman herbal yang diklaim ampuh menyembuhkan cacar air. 

Baca Juga: Kandungan Temulawak yang Baik untuk kesehatan Tubuh

1. Mengkudu

Di balik rasa pahit mengkudu yang tidak disukai orang, tanaman mengkudu menyimpan banyak manfaat. Senyawa dalam mengkudu seperti scopoletin, moridi, dan gum berperan aktif untuk menghilangkan bekas cacar air. Tiga senyawa mengkudu tersebut saling membantu dan memberikan efek ampuh pada kulit. 

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat menghidrasi serta melembabkan kulit. Jika digunakan secara teratur akan membuat kulit lebih cerah dan lembap. Cara menggunakannya, potong daun lidah buaya untuk mendapatkan gel-nya.

Kemudian oleskan pada kulit dan biarkan sampai kering. Lakukan ini sekitar 2-3 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Baca Juga: Manfaat Kucai, Bisa Mencegah Kanker Sampai Menjaga Kesehatan Otak

3. Kunyit

Bumbu masak kunyit ternyata punya banyak manfaat lebih untuk berbagai penyakit. Kunyit mengandung zat alami kurkuminoid, minyak atsiri, dan beragam macam mineral tanah lainnya. Kandungan kunyit sudah populer dipakai untuk mengobati bekas cacar air. 

4. Daun sirih

Sudah bukan rahasia lagi kalau daun sirih telah dijadikan ramuan obat tradisional. Di dalam getah daun sirih, terdapat kandungan minyak atsiri. Daun sirih diyakini efektif menyamarkan bekas luka cacar air.

Cara memanfaatkannya pun mudah, ambil beberapa helai daun, tumbuk hingga halus, campurkan sedikit minyak kelapa, lalu oleskan ke area kulit. 

5. Minyak kelapa

Dikutip dari Medical News Today, bekas luka cacar air lebih mungkin berkembang jika kamu mencabut atau menggaruk ruam.

Bekas luka tersebut kerap kali mengganggu bagi sebagian orang, terutama jika berada di bagian tubuh yang terlihat, seperti wajah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak yang dibuat dari kelapa dapat memudarkan bekas luka secara perlahan. 

Selanjutnya: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News