HOME, Keluarga

5 Tahap Mencuci Sayuran untuk Hilangkan Kotoran Tanpa Hilangkan Kandungan Gizi

5 Tahap Mencuci Sayuran untuk Hilangkan Kotoran Tanpa Hilangkan Kandungan Gizi

MOMSMONEY.ID - Sayur yang sering Moms beli di pasar dan masih dalam keadaan fresh biasanya terdapat kotoran alami yang tertinggal. Kotoran ini biasanya menempel akibat langsung dipetik dari tanamannya. Tapi Moms sudah tahu belum, ada cara tepat agar kotoran pada sayur hilang tanpa harus menghilangkan kandungan gizinya?

Agar tidak salah mengolah sayuran, penting bagi Moms untuk tahu beberapa cara mencuci sayuran yang tepat.

Penasaran cara cuci sayuran secara tepat tanpa perlu takut kandungan gizi dalam sayur menghilang? Melansir dari Maggi, berikut liputannya!

Baca Juga: Pedas Nikmat! Yuk, Intip Resep Sedapnya Ayam Pedas yang Bikin Mata Langsung Melek!

Sayuran Harus Segar

Sebelum tahu cara mencuci sayuran secara tepat, Moms wajib memilih sayurannya terlebih dahulu. Pilihlah sayuran yang segar-segar agar sayuran mudah dicuci.

Sayuran segar bisa dirasakan sendiri baik oleh mata maupun hidung. Sayuran segar tentunya tidak layu ataupun mengeluarkan bau busuk.

Baca Juga: Menu Baru Gokana x Boncabe! Gokana Spicy Treasure, Ada Dry Ramen dan Spicy Rice Wagyu

Cuci Bersih di Aliran Air

Inilah kunci dari cara mencuci sayuran yang tepat, yakni dengan mencuci sayuran di bawah aliran air mengalir. Tapi ingat, jangan dicuci menggunakan sabun, ya. Cukup dengan air mengalir saja.

Agar bisa mencuci sayuran di bawah aliran air, anda harus menempatkan sayuran di wadah berongga yang memiliki bolong agar air tidak malah mengendap dalam wadah.

Pastikan anda mencuci sayuran terlehbih dahulu sebelum memotongnya, karena ada beberapa sayuran yang kandungan nutrisinya bisa larut oleh air.

Baca Juga: Promo McD Menu Ayam Gulai dan McFreeze yang Menyegarkan

Potong Sayuran

Cara mencuci sayuran yang tepat selanjutnya adalah dengan memotong bagian sayuran yang layu & rusak.

Pemotongan bagian layu dilakukan setelah mencuci sayuran, agar kandungan nutrisinya tidak hilang begitu saja. Pemotongan juga dilakukan agar semua bakteri hingga ulat bulu tidak ikut tercampur dalam makanan yang akan anda buat.

Baca Juga: Resep Simpel Ikan Bandeng Kuah Kemangi, Kenikmatan Bandeng dengan Kuah Menyegarkan

Jangan Mencuci Sayuran Apabila…

Perlu Moms ketahui, jangan pernah mencuci sayuran apabila anda ingin menyimpannya sebagai stok persediaan & bukan langsung diolah jadi masakan.

Apabila Moms mencuci sayur padahal tidak ingin dimakan langsung, maka ini bisa meningkatkan risiko bakteri & jamur yang bisa menempel pada sayuran karena tingkat kelembapannya yang tinggi.

Baca Juga: Ide Jajanan Pasar Tradisional yang Bikin Kangen, Simak Resepnya, Yuk!

Menyimpan Sayuran

Bagi Moms yang ingin menyimpan sayuran namun bingung karena tidak boleh dicuci, MomsMoney punya caranya, nih!

Caranya adalah dengan mengelap sayuran menggunakan tisu ataupun lap yang bersih, agar sayuran tidak terlalu kotor. Moms juga bisa menyimpannya di kantong plastik.

Namun khususnya untuk sayuran berdaun yang lembab, baiknya bungkus sayuran dengan tisu yang banyak sebelum menyimpannya di kantong plastik agar tidak terlalu lembap.

Selanjutnya: Menu Baru! Promo Richeese Factory, Fire Flying Chicken 1 Ayam Utuh Harga Hemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News