HOME, Keluarga

5 Superfood yang Bermanfaat untuk Menjadikan Rambut Kuat dan Bebas Rontok

5 Superfood yang Bermanfaat untuk Menjadikan Rambut Kuat dan Bebas Rontok

MOMSMONEY.ID - Permasalahan rambut rapuh dan mudah rontok telah menjadi perhatian utama bagi banyak orang. Adapun masalah rambut rontok bisa disebabkan oleh stres, penggunaan produk yang salah, gaya rambut yang berlebihan, dan banyak faktor lainnya.

Kendati cukup menyebalkan, namun permasalahan rambut rontok tetap bisa dicegah dan diatasi secara sederhana dengan menerapkan pola makan yang sehat. Sama halnya dengan kulit, makanan yang sehat dan bersih juga dapat membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Dilansir dari BeBeautiful, ada beberapa makanan dalam kategori superfood yang menyimpan beragam manfaat positif bagi rambut termasuk menjadikannya kuat dan bebas rontok. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Menghilangkan Milia di Wajah

1. Telur

Telur Rebus

Telur merupakan salah satu sumber nutrisi yang dikemas dengan protein dan biotin atau vitamin B7. Protein dalam telur bisa membantu membangun kembali sel-sel yang rusak dengan lebih cepat, sehingga pada gilirannya akan memperbaiki kerusakan pada kulit kepala dan meningkatkan kekuatan rambut.

Sementara itu, biotin bertanggung jawab untuk menyediakan keratin pada rambut serta membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Jadi, konsumsilah setidaknya 1 buah telur per hari dan lihatlah keajaibannya pada rambut Anda.

2. Biji-bijian

Biji-bijian

Biji-bijian termasuk biji rami tak sekadar bisa menambahkan kerenyahan pada makanan penutup Anda, melainkan juga mampu memberikan manfaat bagi rambut. Biji rami adalah salah satu tanaman tertua di dunia dan sangat bergizi. Biji rami mengandung asam lemak omega-3, vitamin B6, protein, zinc, dan zat besi yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ketika digunakan secara topikal dalam bentuk gel, biji rami dapat menghilangkan kusut pada rambut Anda serta membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan lebih lembut. Tidak hanya akan meningkatkan penampilan rambut, penggunaan biji rami juga akan membantu mengurangi kerusakan rambut.

3. Kacang-kacangan

Kacang Almond

Kacang-kacangan seperti kenari dan almond merupakan superfood lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengatasi rambut rontok. Kandungan asam lemak omega-3 dalam kenari secara signifikan lebih tinggi daripada kacang lainnya. Maka tak heran jika kenari tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di sisi lain, almond dikemas dengan protein, magnesium, asam lemak omega-3 dan 6, serat, serta vitamin E. Mengonsumsi segenggam almond setiap hari akan menjadikan rambut Anda bebas keriting, berkilau, dan tentunya kuat. Selain itu, almond juga bisa Anda andalkan untuk mengurangi rambut rontok, mencegah kerusakan rambut, dan menjaga rambut tetap sehat dan tebal.

4. Buah amla

Buah amla

Amla atau disebut juga sebagai gooseberry India telah menjadi bagian dari rutinitas perawatan rambut India selama beberapa generasi. Buah ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut dan kulit yang sehat. Berkat sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya, amla mampu menenangkan kulit kepala dan memberikan nutrisi ke akarnya.

Dengan mengonsumsi buah amla, itu akan mengurangi ketombe, kekeringan, keriting, dan membuat rambut menjadi lebih halus sekaligus sehat. Dalam amla juga ada kandungan vitamin C yang mampu memberikan kilau yang indah pada rambut Anda. Selain dikonsumsi dalam kondisi segar, Anda juga bisa menikmati buah amla yang sudah dikeringkan atau dalam bentuk manisan.

5. Bayam

Bayam

Selain bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh, bayam juga mampu memberikan Anda tampilan rambut dan kulit yang luar biasa lho Moms. Bayam sarat dengan nutrisi seperti folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Adapun kandungan vitamin A dalam bayam bertanggung jawab untuk memproduksi lebih banyak sebum pada kulit sekaligus membantu menjaga kelembaban pada kulit kepala.

Saat Anda rajin mengonsumsi bayam, itu akan memastikan akar rambut Anda tidak mengering dan terasa rapuh. Untuk menikmatinya, Anda bisa mengolah bayam menjadi sayur bening atau dijadikan sebagai isian salad dan sandwich.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News