5 Super Food yang Sangat Bagus untuk Mendorong Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

Reporter: Ana Risma
Rabu, 24 November 2021 | 20:54 WIB
5 Super Food yang Sangat Bagus untuk Mendorong Kesehatan dan Pertumbuhan Anak

ILUSTRASI. Chia seed

MOMSMONEY.ID - Meski dikatakan sebagai makanan super, namun tidak jarang orang-orang menganggap bahwa super food tidak akan disukai oleh anak-anak. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, super food erat kaitannya dengan makanan yang rasanya tidak enak walaupun tergolong sehat.

Kendati begitu, jangan hanya karena citranya yang demikian lantas menjadikan Anda para orang tua untuk tidak memberikan super food sama sekali kepada anak-anak Anda. Makanan yang tergolong super food tetap bisa kok diolah menjadi hidangan bercita rasa lezat dan bisa dinikmati oleh anak-anak.

Lalu, apa sajakah super food yang sangat bagus untuk mendorong kesehatan dan pertumbuhan anak-anak Anda? Melansir Child Development Institute, simak rekomendasinya di bawah ini.

Baca Juga: Supaya Anak Anda Cerdas Secara Emosional, Terapkan Kiat-Kiat Berikut Ini

1. Beri-berian

Berkat kandungan antioksidan dan vitaminnya yang tinggi, tak heran jika beri termasuk dalam kategori super food. Beri khususnya blueberry disebut-sebut sebagai salah satu buah yang sehat untuk anak-anak. Blueberry diklaim dapat meningkatkan kekebalan dan fungsi otak anak serta mampu meningkatkan kesehatan mata mereka.

Jika anak-anak Anda tidak menyukai blueberry utuh, Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit air atau jus apel alami kemudian masukkan ke dalam cetakan es krim dan bekukan. Atau, Anda bisa membuat smoothie blueberry dengan tambahan yogurt atau susu. Dijamin, anak-anak Anda pasti akan menyukainya.

2. Kalkun

Banyak orang yang belum tahu bahwa kalkun tergolong sebagai super food. Kalkun mengandung protein tanpa lemak, vitamin B, seng, dan kalium sehingga dianggap sebagai makanan yang sehat untuk anak-anak. Untuk mendapatkan manfaat kalkun secara maksimal, Anda bisa memasaknya secara utuh.

Sebagai inovasi, Anda bisa mengolah daging kalkun menjadi bakso atau cukup dicincang lalu masukkan ke dalam campuran salad. Selain itu, Anda juga bisa menyulap cincangan kalkun menjadi adonan nugget kemudian baluri dengan tepung roti dan goreng hingga matang.

3. Sayuran hijau

Brokoli, bayam, kangkung, dan sebagainya bukanlah makanan yang mutlak difavoritkan oleh setiap anak. Kendati demikian, sayuran hijau tersebut termasuk super food yang sangat bagus untuk pertumbuhan mereka. Jika anak Anda tertarik pada sayuran hijau tanpa paksaan, Anda bisa memberikan anak brokoli rebus dengan saus kesukaan mereka.

Untuk bayam dan kangkung, Anda bisa menjadikannya sebagai topping pizza atau isian bakso supaya anak antusias untuk memakannya. Smoothie hijau atau es loli dengan campuran sayuran hijau, potongan apel, jus apel murni juga menarik untuk Anda coba. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih praktis, haluskan sayuran hijau yang ada di dapur dan masak menjadi saus spageti, pasta, atau pizza kesukaan si kecil.

4. Biji chia

Biji chia atau chia seed tidak hanya bergizi, namun juga terkenal dapat menstabilkan gula darah yang mana sangat membantu pertumbuhan si kecil. Hampir tidak memiliki rasa, biji chia memiliki tekstur yang empuk dan ukuran yang kecil sehingga dapat dimasukkan ke dalam berbagai jenis makanan.

Anda bisa mencampurkan biji chia ke dalam saus favorit anak Anda, memasukkan 1 sendok makan biji chia ke dalam campuran smoothie sebelum diblender, atau menjadikannya sebagai campuran pancake.

5. Kakao

Ketika tidak dicampur dengan banyak lemak dan gula, kakao dianggap sebagai makanan sehat yang terkenal dengan sifat antioksidannya.

Untuk memasukkan kakao ke dalam menu makanan anak-anak Anda, Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie kakao dengan cara mencampurkan 1-2 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis ke dalam bahan-bahan smoothie yang terdiri dari buah-buahan manis seperti pisang dan/atau stroberi. Atau, masukkan 1 sendok teh bubuk kakao tanpa pemanis ke dalam semangkuk oatmeal dan taburi dengan madu mentah plus susu.

Baca Juga: 3 Perkataan yang Sebaiknya Tidak Orang Tua Ucapkan Ketika Anak Sedang Sedih

Selanjutnya: Inspirasi Rumah Minimalis Bergaya Islami, Teduh dan Menenangkan

Editor: Ana Risma
Terbaru