HOME, Bugar

5 Sumber Makanan Ini Mengandung Kolagen Tinggi, Yuk Konsumsi Sekarang!

5 Sumber Makanan Ini Mengandung Kolagen Tinggi, Yuk Konsumsi Sekarang!

MOMSMONEY.ID - Dengan semakin menuanya umur, maka produksi kolagen dalam tubuh juga akan menurun. Kolagen adalah protein yang memberikan kekenyalan dan elastisitas pada kulit.

Kolagen berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan keremajaannya. Kolagen dapat diperoleh dari makanan yang mengandung kolagen.

Berikut adalah daftar makanan yang merupakan sumber kolagen.

Baca Juga: Pentingnya Zat Besi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kolagen. Mengkonsumsi ikan sebagai menu makanan sehari-hari bisa membantu pertumbuhan jumlah kolagen dalam tubuh.

Namun yang perlu diketahui, melansir dari laman Health Line, ternyata bagian daging pada ikan mengandung kolagen lebih sedikit dibanding bagian kepala, sisik, maupun bagian mata ikan. 

Tak perlu khawatir jika tk menyukainya, Anda bisa mengkonsumsi kulit ikan yang dipercaya peneliti sebagai sumber peptide kolagen.

Putih telur

Bagian putih telur ternyata memiliki banyak kandungan proline. Proline adalah salah satu jenis asam amino yang penting bagi pertumbuhan kolagen dalam tubuh.

Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus juga menjadi salah satu sumber makanan yang mengandung kolagen. Buah-buahan sitrus seperti jeruk, anggur, lemon, dan jerk nipis mengandung banyak vitamin C. Vitamin C diperlukan sebagai pembentuk pro-kolagen.

Baca Juga: Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Dikonsumsi saat Diet

Beri-berian

Beri-berian memang dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit. Buah seperti blueberry, raspberry, blackberriy, dan strawberry juga mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen.

Bahkan strawberry mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Selain itu, beri-berian juga mengandung tinggi anti oksidan yang membantu kulit terhindar dari kerusakan.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan jenis makanan yang tinggi protein. Yang mana protein mengandung asam amino yang baik untuk proses pembentukan kolagen pada tubuh. Salah satunya adalah kacang mete.

Kacang mete atau chasew mengandung zinc dan cooper yang bagus dalam membantu tubuh untuk memproduksi kolagen.

Selanjutnya: Tips dan Trik Dapat Uang Rp 2 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News