5 Sumber Karbohidrat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 03 Desember 2021 | 12:59 WIB
5 Sumber Karbohidrat yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

ILUSTRASI. 5 Sumber Karbohidrat Bantu Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Sebagai zat yang cukup penting bagi tubuh, karbohidrat berfungsi untuk memproduksi glukosa atau bahan bakar dalam tubuh.

Namun, banyak orang yang menghindari konsumsi karbohidrat karena takut gemuk. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang tak boleh dilewatkan.

Pasalnya, sekitar 45% sampai 65% sumber kalori tubuh diperoleh dari karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi karbohidrat kurang dari jumlah yang disarankan, maka tubuh dapat mengalami kelelahan, sakit kepala dan mudah sakit, dilansir dari Medical News Today.

Baca Juga: Ingin Mulai Menjadi Vegetarian? Coba 4 Makanan Ini

Kunci penurunan berat badan adalah perencanaan yang baik dan disiplin diri yang kuat. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh berat badan ideal.

1. Kacang Hitam 

Jenis makanan sumber karbohidrat selanjutnya yang bisa dikonsumsi saat diet adalah kacang hitam. Makanan ini juga kaya akan kandungan protein dan serat.

2. Ubi jalar 

Dalam satu buah ubi jalar berukuran sedang, terkandung 27 gram karbohidrat. Jenis makanan ini bisa dikonsumsi saat sedang diet.

Ubi jalar bisa membantu mengatur gula darah dan mendorong metabolisme tubuh menjadi lebih cepat. Kandungan kalori dan natrium dalam makanan ini juga disebut lebih rendah. 

3. Barley 

Barley adalah jenis biji-bijian yang kaya karbohidrat. Jenis makanan ini bisa menjadi pengganti nasi, sebab barley disebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar hormon yang berkaitan dengan rasa kenyang.

Jika rasa kenyang bisa dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, tentu keinginan makan berlebih bisa dihindari dan penurunan berat badan bisa didapatkan dengan maksimal. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat 

4. Gandum utuh 

Sereal gandum utuh (whole grain) juga bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat saat sedang diet. Gandum utuh yang alami diketahui memiliki kandungan lemak yang rendah, tetapi mengandung serat yang tinggi. 

Mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal serta memberi energi yang cukup untuk membangun otot tubuh.

Untuk mencapai target berat badan ideal, dibutuhkan cara menurunkan berat badan yang benar dan disiplin dalam menjalaninya.

Bila berat badan tidak juga turun meski sudah melakukan cara-cara di atas, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: 6 Buah penurun kolesterol ini wajib Anda coba, apa saja?

Editor: Helvana Yulian
Terbaru