HOME, Keluarga

5 Spesies Ular yang Aman Dijadikan Hewan Peliharaan, Bisa untuk Pemula!

5 Spesies Ular yang Aman Dijadikan Hewan Peliharaan, Bisa untuk Pemula!

MOMSMONEY.ID - Ular merupakan salah satu jenis reptil yang populer dipelihara. Sebab, tak semua ular mengancam dan bisa menjadi hewan pelihaaraan yang ramah. Kendati demikian, ular tetap bukan hewan peliharaan yang umum dimiliki oleh semua orang. Jika Anda ingin memilikinya, Anda perlu memenuhi syarat, memiliki komitmen, dan pemahaman dalam merawatnya.

Bagi pemula, kepemilikan ular dapat dilakukan dengan mudah karena ada banyak spesies yang lebih jinak dan aman. Tentu saja ular untuk pemula yang aman adalah yang tidak beracun (berbisa). Mereka juga hanya memerlukan sedikit makan setiap beberapa hari sekali dan mudah merawatnya. Dilansir dari Pet Help Ful, berikut 5 spesies ular yang aman dipelihara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Minum Air Mancur untuk Kucing dan Anjing

Ular Jagung

Ular Jagung

Ular jagung memiliki keindahan yang tampak pada warna kulitnya dan bisa datang dalam berbagai warna. Tubuhnya juga memiliki keseimbangan besar dan kecil yang sehat dalam hal ukuran. Panjangnya mencapai sekitar 122 cm. Mereka ular yang sangat jinak, tampak muda, dan sangat lincah. Perawatannya juga sederhana.

Ball Python

Ular Piton Bola

Ular piton bola adalah pilihan ular peliharaan yang populer untuk pemula. Panjang ular ini biasanya sekitar 1,2 meter. Temperamen mereka cukup tenang cenderung pemalu, jarang menggigit, dan lebih banyak bersembunyi. Saat merasa terusik, mereka akan menggulung badannya seperti bola. Itulah sebabnya mereka disebut bola piton. Bola piton juga memiliki beberapa persyaratan perawatan khusus, salah satunya kelembapan yang jauh lebih tinggi.

Ular Hognose

Ular Hognose

Ular hognose mengacu pada beberapa spesies ular dengan moncong terbalik. Mereka ditemukan di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Madagaskar. Hewan ini berukuran cukup kecil dan umumnya memiliki tubuh tebal, serta bermata bulat. Ukuran panjangnya bisa mencapai 14 inci hingga 3 kaki (35,56-91,44 cm).

Ular ini cukup jinak dan tidak berbahaya, tetapi akan menggertak ketika merasa terancam. Mereka akan mendesis, meratakan tubuh mereka, dan bahkan mungkin akan berpura-pura mati sebagai upaya terakhir melindungi diri. Ular ini dapat dipelihara di dalam kandang kecil, tetapi membutuhkan pencahayaan tambahan agar tetap hangat.

Baca Juga: Ini 6 Tanda Kelinci Peliharaan Jatuh Sakit

California Kingsnake

California Kingsnake

California kingsnake atau ular raja california memiliki banyak jenis dengan ukuran yang bervariasi. Tubuhnya kurus, tetapi panjangnya mencapai 122 cm. Mereka juga hadir dalam berbagai warna menurut spesiesnya. Misalnya ada ular raja hitam Meksiko yang berwarna hitam legam, ular raja pita abu-abu, dan sebagainya. Mereka disebut ular raja karena mereka memakan ular lain di alam liar. Ular ini dapat dirawat dengan cara umum seperti ular pemula lainnya.

Ular Susu Meksiko

Ular Susu Meksiko

Ular susu meksiko memiliki warna kulit yang unik dan tampak berbahaya, tetapi sebenarnya mereka adalah ular yang tenang. Kendati demikian, perilaku menyerang seperti menggigit akan dilakukan ketika merasa terancam, tapi tidak beracun. Tubuh mereka relatif kecil dengan panjang sekitar 90-122 cm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News