HOME, Keluarga

5 Rutinitas Positif yang Perlu Diterapkan oleh Para Ayah untuk Memotivasi Anak

5 Rutinitas Positif yang Perlu Diterapkan oleh Para Ayah untuk Memotivasi Anak

MOMSMONEY.ID - Menjadi sosok kepala keluarga, suami, sekaligus ayah tentu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Karena, tanggung jawab tidak semata terhadap diri sendiri melainkan juga terhadap istri dan anak-anak.

Sebagai ayah, seseorang diharuskan untuk menjadi role model yang baik bagi sang buah hati. Untuk menunjukkan contoh yang baik, Anda dapat mengawalinya dari diri sendiri dengan cara melakukan berbagai kebiasaan positif yang akan menginspirasi anak-anak Anda untuk ikut menerapkannya dalam keseharian mereka.

Melansir All Pro Dad, inilah 5 kebiasaan positif yang sebaiknya para ayah terapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca Juga: Sering Lupa Taruh HP? Ini Cara Mudah Menemukan HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi

1. Membaca

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang terbilang sederhana. Namun, siapa sangka jika kebiasaan membaca yang Anda bawa ternyata menyimpan manfaat luar biasa bagi anak-anak Anda. Dengan mengajak anak Anda untuk membaca bersama-sama, itu artinya Anda sedang membantu perkembangan kognitif dan bahasa mereka.

Melalui kegiatan membaca, Anda dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama anak dan mendiskusikan cerita yang telah Anda baca. Bukan hanya bermanfaat bagi anak-anak Anda, kebiasaan membaca juga akan membentuk Anda menjadi sosok pemikir yang lebih baik, meningkatkan berbagai keterampilan, serta membantu Anda untuk lebih menguasai komunikasi.

2. Bermain bersama anak

Terlepas dari seberapa matang usia Anda, pastikan Anda selalu menyempatkan waktu untuk bermain bersama anak-anak Anda. Bagi anak-anak, bermain menjadi sebuah metode pembelajaran yang serius. Pasalnya, bermain bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak dan imajinasi anak.

Sama halnya dengan membaca, bermain bersama anak akan memberikan Anda kesempatan untuk membangun kenangan dan ikatan orang tua-anak seumur hidup. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda selaku ayah untuk menciptakan momen bermain bersama anak sesibuk apapun jadwal yang Anda miliki. Guna memberikan performa terbaik untuk keluarga, jangan lupa juga untuk mengatur me time dan melakukan perawatan diri ya.

3. Olahraga

Olahraga adalah kebiasaan baik berikutnya yang patut Anda masukkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Perbanyaklah melakukan aktivitas fisik dalam keseharian Anda dengan tidak malas bergerak. Alih-alih mengendarai mobil atau sepeda motor, sesekali Anda dapat berjalan atau bersepeda untuk memudahkan mobilitas.

Agar anak-anak Anda juga menerapkan kebiasaan positif ini, jangan ragu untuk mengajak mereka berolahraga bersama atau menjelajah alam terbuka. Rajin berolahraga akan meningkatkan kualitas hidup Anda sekaligus membantu mengurangi stres yang sering Anda alami. Ketika Anda berhasil mendapatkan manfaat dari kebiasaan berolahraga, otomatis Anda akan memberikan dan menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga kecil Anda.

4. Berdoa

Bagi banyak orang, doa menjadi upaya terakhir ketika situasi sulit melanda. Tak jarang orang yang tidak terbiasa melakukan aktivitas ini akhirnya memutuskan untuk berdoa tatkala kesusahan tidak kunjung pergi dari hidup mereka. Apakah Anda termasuk orang-orang yang rajin berdoa atau sebaliknya?

Berdoa atau tidak memang menjadi sebuah pilihan. Namun, Anda dapat menerapkan kebiasaan positif ini mulai dari sekarang jikalau Anda menginginkan hati yang jauh lebih tenang. Sebelum memulai hari, sempatkanlah waktu sejenak untuk berbicara kepada Tuhan dan meminta kelancaran atas segala kegiatan yang akan Anda jalani.

Tidak lupa, ajaklah seluruh anggota keluarga kecil Anda untuk berdoa bersama secara teratur hingga pada saatnya Anda akan takjub dengan kedamaian yang ada di dalam hati Anda dan keluarga.

5. Berperan aktif

Menjadi seorang Ayah berarti harus siap untuk memikul berbagai tanggung jawab atas seluruh anggota keluarga termasuk anak. Melibatkan diri dalam kehidupan anak menyiratkan bahwa Anda berusaha secara aktif untuk memperdalam hubungan antara Anda dengan mereka. Contohnya, Anda kerap meminimalkan gangguan gadget untuk meningkatkan waktu berkualitas bersama keluarga atau menjalin komunikasi yang baik dengan guru anak-anak Anda.

Turut berperan aktif dalam urusan keluarga memiliki beragam manfaat kesehatan bagi fisik maupun psikologis Anda.

Itulah 5 kebiasaan positif yang sebaiknya diterapkan oleh para ayah mulai dari sekarang jikalau Anda belum rutin melakukannya. Dengan konsisten melakukan kelima kebiasaan di atas, niscaya Anda akan berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Yang paling penting, anak-anak Anda akan melihat perubahan positif pada ayah mereka dan menjadikan Anda sebagai inspirasi untuk memulai kebiasaan-kebiasaan positif tersebut pada diri mereka sendiri.

Selanjutnya: 6 Fakta Seputar Anak Sulung Berdasarkan Penelitian, Lebih Pintar dan Bossy

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News