HOME, Bugar

5 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diabetes

5 Rekomendasi Makanan untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes memang harus memperhatikan pola makan dan makanan apa saja yang dikonsumsi. Memiliki diabetes membuat Anda perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari dan makan sembarangan justru bisa memperparah diabetes yang Anda miliki. 

Memilih makanan yang baik untuk kestabilan gula darah menjadi kunci utama agar penderita diabetes bisa hidup sehat. Makanan mengandung glukosa tetap diperlukan  bagi tubuh sebagai sumber energi, namun harus memilah makanan yang aman untuk dikonsumsi. 

Maka itu, sebagai penderita diabetes, Anda tentu perlu memperhatikan makanan yang masuk agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi diabetes.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan untuk penderita diabetes.

1. Kacang-kacangan

Kacang almond

Kacang merupakan pilihan makanan atau camilan untuk penderita diabetes yang sangat aman dikonsumsi. Pasalnya, kacang memiliki kandungan yang kaya serat dan protein. Kacang juga juga mengandung karbohidrat kompleks dan termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Oleh karena itu, kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. 

Menurut Young-Cheul Kim dari University of Massachusetts Amherst, mengonsumsi makanan yang sehat untuk penderita diabetes ini terbukti mampu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

2. Jagung

Jagung

Sebuah studi pada jurnal Food Science and Human Wellness baru-baru ini menemukan bahwa rutin makan jagung yang kaya akan pati setiap hari dapat membantu diabetesi mengendalikan gula darahnya lebih baik.

Jagung memiliki nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. 

Selain itu, makanan untuk diabetes ini juga mengandung serat dan pati (jenis karbohidrat kompleks) yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah tidak begitu cepat naik setelah makan.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sehat yang Tidak Banyak Diketahui

3. Gandum

Biji gandum

Biji-bijian utuh merupakan salah satu makanan paling sehat untuk diabetes. Salah satu varian biji-bijian yang banyak difavoritkan dalam diet diabetes adalah gandum

Gandum termasuk makanan dengan nilai glikemik rendah yang juga tinggi serat. Dua kombinasi menguntungkan ini dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

4. Ubi jalar

Ubi jalar

Selain mengenyangkan, ubi jalar menjadi makanan yang memberi manfaat baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes. Anda bisa menikmati ubi jalar dengan berbagai cara, mulai dari direbus, dipanggang, atau ditumbuk.

Baca Juga: Simak 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

5. Sayuran berdaun hijau 

NULL

Beberapa sayuran berpati mengandung tinggi karbohidrat dengan indeks glikemik yang juga tinggi. Namun, tidak semua sayuran mengandung pati. 

Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah, dilansir dari Every day Health. Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran hijau tersebut bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan lain sebagainya.

Bagi para penderita diabetes, berikut adalah 5 makanan untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Pastinya harus selalu rutin mengonsumsi dan olahraga cukup untuk menunjang kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Lakukan Diet Jika Anda Sudah Merasakan 10 Tanda Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News