HOME, Bugar

5 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat

5 Rekomendasi Makanan untuk Kulit Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Munculnya jerawat di wajah tentu akan menjadi masalah, terutama bagi orang-orang yang selalu ingin tampil menarik. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada kulit.

Jika salah dalam menangani jerawat, maka akan muncul semacam bekas luka atau noda hitam di wajah. Oleh karena itu, perlu mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi jerawat.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit berjerawat. Makanan yang baik untuk kulit berjerawat maksudnya adalah jenis–jenis makanan yang dapat membantu mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat itu sendiri.

Baca Juga: Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Beberapa jenis makanan yang dapat mencegah, mengurangi, bahkan mampu menghilangkan jerawat antara lain:

1. Wortel

Wortel adalah sayuran berwarna oranye yang sering dijadikan bahan dalam pembuatan sup sayuran. Jenis sayuran ini terkenal kaya akan vitamin A, sehingga sangat baik untuk menutrisi mata dan kulit.

Karena memiliki nutrisi untuk kulit, wortel menjadi salah satu jenis bahan makanan yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit, mencegah timbulnya jerawat, serta membantu menghilangkan jerawat.

2. Alpukat

Buah alpukat memang sering menjadi bahan dalam pembuatan produk perawatan kulit, buah ini dipilih karena mengandung zat dan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E dan vitamin C.

Kedua vitamin ini berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi peradangan kulit. Dengan berkurang peradangan kulit, maka jerawat pun akan hilang lebih cepat.

3. Brokoli

Brokoli memilik kandungan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam sayur brokoli sangat mampu memberikan nutrisi bagi kulit, serta mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

4. Bawang Putih

Terlepas dari aromanya yang cukup menyengat, tidak bisa dipungkiri bahwa bawang putih memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari bawang putih adalah mampu mencegah dan menghilangkan jerawat. Kandungan zat kimia alami pada bawang putih terbukti mampu membunuh bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

5. Buah Pisang

Buah pisang terkenal kaya akan vitamin, mineral dan serat. Namun, tidak semua orang tahu bahwa buah pisang juga kaya akan antioksidan.

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang, antara lain: vitamin C, vitamin B6, karbohidrat, mangan, tembaga, magnesium, dan potasium. Dengan kandungan gizi yang sangat banyak, tidak mengherankan jika pisang dalam daftar ini.

Itulah sepuluh makanan makan yang baik untuk kulit berjerawat yang mungkin belum Realfoodfam ketahui. Jika tidak suka mengonsumsi makanan–makan di atas, alternatifnya adalah dengan memakan buah–buahan atau konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Selanjutnya: Apa Saja Penyebab Penyakit Liver? Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News