Santai

5 Rekomendasi Destinasi Wisata, Wajib Anda Kunjungi Saat Long Weekend

5 Rekomendasi Destinasi Wisata, Wajib Anda Kunjungi Saat Long Weekend

MOMSMONEY.ID - Long weekend adalah waktu yang paling kita tunggu. Bila di akhir pekan biasanya hanya libur sejenak di dalam kota, saat long weekend Anda bisa eksplor ke luar kota. Yuk, cari inspirasi destinasi wisata dalam negeri untuk long weekend.

Jika tak ada long weekend, Moms bisa ambil cuti di hari kejepit, lo. Melansir RedDoorz, tahun ini hampir seluruh hari kejepit jatuh pada hari Jumat.

Misalkan, pada 24 Maret setelah libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945, 19 Mei setelah libur Kenaikan Isa Almasih, 30 Juni setelah Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, 18 Agustus setelah Hari Kemerdekaan RI, serta 29 September setelah Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Bernuansa Alam di Bogor, Cocok untuk Liburan

Untuk Anda yang berencana bepergian di tanggal-tanggal tersebut, RedDoorz merekomendasikan beragam destinasi wisata yang Anda dapat nikmati bersama keluarga ataupun sahabat. 

Rekomendasi destinasi wisata dalam negeri cocok untuk long weekend

1. Lampung Walk dan Bukit Sakura Kemiling, Bandar Lampung

Lampung Walk adalah destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga saat long weekend.

Theme park dengan beragam wahana, mulai dari waterpark untuk mengajak si kecil refreshing, studio 3D dengan dekor ciamik yang dapat menghiasi media sosial Anda, sampai wisata kulinernya, lengkap berlokasi di satu tempat. 

Studio 3D Lampung Walk

Destinasi wisata ini merupakan one stop family entertainment yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Lampung. Selain itu, Anda tidak harus terbang ke Jepang untuk melihat bunga sakura.

Di Lampung juga terdapat Bukit Sakura Kemiling yang seru untuk dijadikan tempat bersantai dengan teman atau keluarga. 

Tempat ini memiliki spot foto ala Jepang yang dapat Anda manfaatkan, serta gazebo dengan pemandangan panorama Kota Bandar Lampung dan Teluk Lampung yang indah.

Saat mengunjungi Bandarlampung untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, Anda dapat beristirahat di Reddoorz near Lampung Walk 2 atau RedDoorz Plus @ Puncak Mas Cottage. 

Baca Juga: 5 Daftar Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi jika Datang ke Kota Solo

2. Sea Forest Adventure Park dan Ocarina Batam Theme Park, Batam

Saat mengunjungi Batam, pasti tidak jarang Anda menghabiskan waktu di pantai untuk berenang. Kali ini, untuk merasakan sensasi liburan yang berbeda di kota tersebut, pastikan untuk mengunjungi Sea Forest Adventure.

Giant Water Slide Sea Forest Adventure

Destinasi wisata seluas 10 hektare ini menawarkan berbagai aktivitas wisata air dan darat yang tentunya seru dan menantang.

Ada delapan wahana permainan air maupun watersport mulai dari canoe, jetski, banana boat, knee boarding, mangrove cruise, snorkeling, fishing, sampai giant water slide yang dapat Anda lakukan bersama teman dan kerabat seharian. Sangat mengasyikan bukan?

Wahana Ocarina Batam Theme Park

Batam juga memiliki taman rekreasi dengan luas sekitar 40 hektare. Dengan luas yang menakjubkan, taman rekreasi ini memiliki banyak wahana yang tidak kalah serunya dengan Sea Forest Adventure.

Menawarkan aktivitas, seperti waterpark, giant wheel, sampai kiddy land, tempat ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Batam.

Apalagi, dengan tiket masuknya yang masih terjangkau. Jangan lupa untuk menginap di RedDoorz @ Batam Center 2 dan RedDoorz Plus near Pantai Coastarina 2 untuk beristirahat setelah bermain seharian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Museum di Kota Solo yang Wajib Dikunjungi

3. Malang Night Paradise dan Selecta Recreation Park, Malang

Ketika berbicara tentang Kota Malang, yang sering terpikirkan adalah destinasi wisata Museum Angkut dan Jatim Park Zoo. Nah, selain kedua destinasi tersebut, Malang juga memiliki destinasi wisata lainnya yang lebih kekinian. 

Selecta Recreation Park

Salah satunya adalah Malang Night Paradise yang merupakan tempat hiburan malam hari dengan konsep lampion warna-warni yang terlihat seperti negeri dongeng.

Selain itu, tempat ini juga memiliki wahana liburan seru lainnya, seperti Magic Journey, yang akan membawa Anda menyusuri sungai buatan menggunakan perahu bak di Venice, Italia.

Saat mengunjungi Malang, Anda  juga bisa berwisata ke Selecta Recreation Park untuk bersenang-senang di wahana pilihan sembari menghirup udara segar di taman ini. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi melayang di udara dengan Sky Bike dan Flying Fox. 

Anda  juga dapat berenang dan menunggang kuda untuk menjelajahi taman bunga yang ada di kawasan Selecta Recreation Park. Kombinasi wahana dan keindahan alam yang tepat untuk refreshing.

Setelah lelah mengunjungi berbagai destinasi wisata tersebut, Anda dapat beristirahat di RedDoorz Plus near Balai Kota Batu 2 dan RedDoorz Plus near Politeknik Negeri Malang.

Baca Juga: Ngopi Asyik di Antara Angin Berbisik di Kopi Nako Kebon Jati

4. Bukit Jamur Ciwidey dan Green Kenyot Cikahuripan, Bandung 

Untuk Anda yang ingin merasakan udara yang segar, Bukit Jamur Ciwidey di Bandung adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi.

Walau namanya demikian, bukan berarti tempat ini dipenuhi jamur. Namun, karena dipenuhi pepohonan cemara yang pendek dan berbentuk payung seperti jamur sehingga disebut demikian. 

Bukit Jamur Ciwidey

Dengan pemandangan yang unik, tempat ini cocok bagi Anda yang ingin hunting foto hingga melakukan foto pre-wedding. Dengan hamparan rumput hijau, Anda dapat piknik bersama teman di tempat ini juga, lo.

Green Kenyot Bandung

Anda juga harus mengunjungi Green Canyon-nya Bandung, yaitu Green Kenyot Cikahuripan. Destinasi wisata ini disebut demikian karena tebing-tebing yang menjulang tinggi dan dibelah oleh aliran sungai jernih berwarna kebiruan.

Saat berkunjung ke destinasi wisata Bandung, pastikan untuk menginap di RedDoorz near Happy Farm Ciwidey dan RedDoorz near Lembang Park & Zoo. 

Baca Juga: Rekomendasi Liburan ke Luar Negeri, Ini Bujet dan Perkiraan Menabungnya

5. Kampung Batik Laweyan dan Tumurun Private Museum, Solo 

Jika Anda ingin mengunjungi kota dengan perpaduan atmosfer tradisional dan modern di satu tempat, Solo adalah jawabannya.

Di kota ini terdapat banyak destinasi wisata tradisional, termasuk Kampung Batik Laweyan, yang konon katanya merupakan tempat tinggal pengusaha batik pada zamannya. 

Kampung Batik Laweyan

Di sini Anda dapat berjalan melalui gang-gang kecil, dan melihat barisan bangunan tua yang sangat menarik mata. Tentunya, cocok juga untuk Anda berbelanja batik klasik dengan harga terjangkau. 

Memasuki sisi modern kota ini, bagi Anda para pecinta seni, Anda akan senang saat mengunjungi Tumurun Private Museum. Kata “Tumurun” memiliki arti “turun temurun” dalam Bahasa Indonesia.

Destinasi ini dinamai demikian karena museum ini dibuat oleh Iwan Kurniawan Lukminto, seorang seniman yang diwarisi berbagai macam karya seni oleh sang ayah. 

Tumurun Private Museum

Dengan koleksi karya yang unik, Anda dapat berfoto aesthetic di museum ini dengan latar belakang yang vintage, cocok untuk media sosialmu.

Anda juga bisa menginap di RedDoorz Plus @ Slamet Riyadi dan RedDoorz near Solo Balapan Station saat berkunjung ke Solo, ya.

Itulah rekomendasi destinasi wisata yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat pada tahun 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News