HOME, Keluarga

5 Problem yang Kerap Terjadi di Kamar Mandi dan Penyebabnya

5 Problem yang Kerap Terjadi di Kamar Mandi dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Bagi suatu rumah, kamar mandi merupakan area yang cukup vital karena membantu penghuni rumah menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri. Oleh karena itu, keberadaan area ini wajib ada di rumah.

Karena sering digunakan oleh seluruh penghuni rumah, tak jarang kamar mandi mengalami beberapa masalah tertentu.

Jika dibiarkan, masalah ini tentu bisa mengurangi kenyamanan penghuni rumah dalam menggunakan kamar mandi, bahkan mengancam kesehatan penghuni rumah tersebut.

Nah, kira-kira masalah apa saja yang umumnya terjadi di kamar mandi? Merangkum laman buildersmart.in, quality-plumbing.com, dan mrrooter.com, berikut penjelasannya.

Keran bocor

Keran air yang bocor dan menetes mungkin terdengar sepele, tapi dampaknya cukup besar untuk rumah Anda. Pasalnya, keran yang bocor akan membuat air keluar dan menetes dengan sia-sia, sehingga membuat tagihan air membengkak.

Jika ditampung, tetesan air dari keran bocor ternyata dapat terkumpul cukup banyak. Sayang, kan?

Baca Juga: Membandingkan Kloset Jongkok dan Kloset Duduk, Mana yang Lebih Baik?

Saluran air dan kloset mampet

Karena sering digunakan, kotoran seperti helaian rambut yang rontok bisa terkumpul di saluran air dan membuatnya mampet. Permasalahan mampet juga kerap terjadi pada wastafel dan kloset, sehingga membuat pemakaian kamar mandi kurang nyaman.

Untuk mencegah hal tersebut, cobalah untuk rajin-rajin membersihkan saluran air dari kotoran yang tersangkut. Jika permasalahan mampet tersebut masih belum beres, tak ada salahnya memanggil jasa profesional.

Tekanan air rendah

Pernahkah Anda menyalakan flush atau keran di kamar mandi, tapi air yang keluar terlihat lemah dan sedikit? Jika ya, bisa jadi water pressure atau tekanan air di rumah sedang rendah.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh endapan yang ada di pipa air sehingga aliran air terhambat, atau adanya kebocoran di jalur air di rumah.

Baca Juga: 6 Tips Menciptakan Suasana ala Spa di Kamar Mandi Rumah

Ventilasi buruk

Ketika mendesain kamar mandi, aspek ventilasi atau sirkulasi udara kadang terlupakan begitu saja. Padahal, ventilasi yang buruk bisa berdampak pada banyak hal, lo.

Misalnya, karena udara tidak bisa mengalir dengan lancar, kamar mandi akan mudah terasa pengap dan apek. Selain itu, tingkat kelembapan yang tinggi di dalam kamar mandi akan meningkatkan risiko kemunculan lumut dan jamur jika kamar mandi tidak memiliki sistem ventilasi yang baik.

Bau tidak sedap

Kamar mandi kerap diidentikkan sebagai area yang berbau paling tidak sedap di rumah. Tak heran, sebab banyak hal di kamar mandi yang dapat menimbulkan bau tersebut, mulai dari kloset, sirkulasi udara yang buruk, saluran air yang mampet, hingga kamar mandi yang jarang dibersihkan.

Untuk meminimalisir bau tidak sedap tersebut, salah satu cara termudahnya adalah dengan membuka pintu dan jendela kamar mandi (jika ada) dan biarkan udara mengalir dengan lancar. Selain itu, jangan lupa membersihkan kamar mandi secara rutin.

Itulah beberapa masalah yang kerap terjadi di kamar mandi dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News