HOME, Keluarga

5 Pose Yoga Prenatal yang Bisa Membantu Mengatasi Nyeri Kehamilan

5 Pose Yoga Prenatal yang Bisa Membantu Mengatasi Nyeri Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Yoga merupakan salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil. Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran, yoga juga dapat membantu meregangkan otot dan bahkan mengatasi nyeri kehamilan.

Adapun jenis yoga yang aman dilakukan oleh para ibu hamil adalah yoga prenatal. Yoga prenatal memiliki beragam manfaat di antaranya meningkatkan kebugaran, memperkuat otot, dan meningkatkan fleksibilitas untuk mengurangi ketidaknyamanan kehamilan.

Seorang Spesialis Obstetri dan Ginekologi bernama Dr. Jeff Livingston dalam laman MacArthur Medical Center membagikan 5 pose yoga prenatal yang bisa membantu mengatasi nyeri kehamilan. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 4 Tips Mengganti Popok Bayi Selama Perjalanan

1. Standing squat

Standing squat

Standing squat termasuk cara yang bagus untuk melatih otot inti serta membangun kekuatan tubuh bagian bawah. Tidak memerlukan peralatan khusus, Anda dapat melakukan standing squat di sekitar dinding untuk memberikan keseimbangan.

Saat Anda melakukan standing squat, itu akan memperkuat paha Anda sekaligus membantu membuka panggul guna memungkinkan bayi turun saat waktu melahirkan tiba.

2. Goddess pose

Goddess pose

Sembari berdiri, ambilah langkah lebar dengan kedua kaki mengarah ke sudut ruangan yang berlawanan. Jaga agar lengan dan punggung Anda tetap lurus, kemudian dorong panggul ke arah bawah. Pastikan Anda fokus pada napas yang lambat, dalam, dan santai.

Goddess pose layak Anda praktikkan untuk membuka pinggul dan memperkuat kaki bagian bawah.

3. Cat-cow stretch

Cat-cow stretch

Cat-cow stretch adalah latihan yang bagus untuk mengurangi ketegangan di tulang belakang. Gerakan-gerakan pada cat-cow stretch harus dilakukan secara perlahan dengan perhatian terfokus pada napas yang lambat dan dalam.

Mulailah dengan posisi merangkak dan lanjutkan dengan menurunkan perut Anda ke bawah. Bersamaan dengan gerakan tadi, angkat kepala Anda dengan dagu mengarah ke depan. Terakhir, tarik napas dan bulatkan punggung sembari membawa dagu Anda ke arah dada.

4. Gentle seated side bends

Gentle seated side bends

Bermanfaat untuk meredakan ketegangan di punggung bagian bawah, pinggul, leher, dan bahu, Anda dapat memulai gerakan ini dengan duduk di lantai atau matras yoga.

Lalu, jaga agar punggung Anda tetap lurus dan tekuk perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya. Tahan setiap peregangan melalui tarikan napas dalam-dalam dan embuskan.

5. Tree pose

Tree pose

Tree pose atau pose pohon dapat memperkuat otot pada kaki, betis, maupun tungkai kaki. Pose ini membutuhkan konsentrasi pada keseimbangan dan kesadaran tubuh.

Untuk melakukannya, berdirilah dengan satu kaki Anda. Lanjutkan dengan menyandarkan kaki lainnya pada kaki yang berdiri. Sandarkan kaki pada bagian pergelangan kaki (jika Anda bisa) atau bawah lutut.

Demikian 5 pose yoga prenatal yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi nyeri kehamilan. Sebelum mempraktikkan pose yoga di atas, selalu ingat untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan Anda ya. Jika kehamilan Anda berisiko tinggi atau Anda memiliki komplikasi medis, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum memulai yoga prenatal.

Untuk solusi terbaik, Anda bisa bergabung dengan kelas yoga dan instruktur berkualifikasi pun akan memandu Anda secara aman dan efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News