HOME, Keluarga

5 Pose Yoga Ini Dapat Membantu Meningkatkan Suasana Hati, Tertarik Mencoba?

5 Pose Yoga Ini Dapat Membantu Meningkatkan Suasana Hati, Tertarik Mencoba?

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang, menemukan cara untuk tetap bahagia bukanlah hal yang mudah. Jika Anda sedang merasa sedih akhir-akhir ini, maka yoga bisa Anda jadikan alternatif guna membantu meningkatkan kembali suasana hati Anda.

Tidak hanya menawarkan manfaat untuk kesehatan fisik, yoga juga telah terbukti mampu membawa kedamaian yang luar biasa bagi pikiran. Dengan rajin berlatih yoga, itu dapat menghidupkan kembali kesadaran, menghilangkan pikiran negatif, serta mengatasi stres harian yang mengganggu produktivitas.

Sebagai referensi bagi Anda yang baru mau memulai yoga, berikut MomsMoney bagikan 5 pose yoga yang dapat membantu meningkatkan suasana hati sebagaimana dilansir dari HealthShots.

Baca Juga: Coba 5 Tips Ayurveda Ini untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

1. Adho mukha svasana

Adho Mukha Svanasana

Disebut juga dengan pose anjing menghadap ke bawah, adho mukha svasana merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan mood dalam waktu singkat. Gerakan dalam pose yoga yang satu ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang pada gilirannya akan membuat Anda merasa berenergi.

Bagus untuk saraf, adho mukha svasana menawarkan relaksasi yang sangat dibutuhkan ketika stres melanda. Meskipun tidak mudah untuk dilakukan, namun tidak ada ruginya bagi Anda untuk berlatih adho mukha svasana mengingat manfaatnya yang luar biasa.

2. Ushtrasana

Ustrasana

Ushtrasana atau pose unta menuntut Anda untuk meregangkan dada, perut, daerah inguinal, dan paha. Selain bisa meningkatkan suasana hati secara instan, ushtrasana juga dapat membantu mengatasi gejala kecemasan serta depresi.

Setelah melakukan ushtrasana, dijamin Anda akan merasa relaks, lebih cerah, dan lebih siap menghadapi kehidupan. Yang tidak kalah penting, ushtrasana mampu membantu meningkatkan volume paru-paru dan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda.

3. Ananda balasana

Ananda balasana

Ananda balasana atau pose bayi bahagia dapat dipraktikkan untuk menenangkan perasaan cemas dan memperlambat pikiran yang berkecamuk. Faktanya, pose ini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan emosional dan fisik sekaligus dapat membantu meningkatkan kepositifan dan kegembiraan di dalam hati siapa pun yang melakukannya.

Tergolong pose yang lembut, ananda balasana sangat bagus untuk meningkatkan rasa relaksasi dan meregangkan tubuh Anda.

4. Natarajasana

Natarajasana

Natarajasana atau yang biasa disebut juga dengan pose penari dapat Anda lakukan jikalau Anda ingin menghilangkan stres atau merasakan relaksasi setelah mempraktikkannya. Dengan perpaduan yang indah antara keseimbangan dan keanggunan, natarajasana mampu membantu Anda menemukan keseimbangan dan melepaskan hormon bahagia.

Tak sampai di situ, natarajasana juga memiliki kemampuan untuk membantu menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi depresi. Pada gilirannya, pose yoga ini akan sekaligus menurunkan tekanan darah dan melawan kelelahan.

5. Uttanasana

Uttanasana

Dari mulai menjaga pikiran tetap waspada hingga meningkatkan suasana hati dan konsentrasi, uttanasana atau pose berdiri membungkuk ke depan menyimpan beragam manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya untuk ditawarkan.

Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa stres, maka uttanasana sangat layak untuk Anda praktikkan secara teratur. Dengan rajin melakukannya, ketenangan pun akan senantiasa menyelimuti diri Anda.

Itulah 5 pose yoga yang bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Dari kelima pose yoga di atas, pose manakah yang menarik perhatian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News