Keluarga

5 Pilihan Teh Terbaik untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

5 Pilihan Teh Terbaik untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

MOMSMONEY.ID - Moms, apa yang biasanya Anda lakukan saat stres atau kecemasan melanda? Ternyata, salah satu cara untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan tergolong sederhana yakni cukup minum secangkir teh hangat saja.

Dengan mengombinasikan kebiasaan sehat dan minum varian teh yang tepat, itu sangat bisa membantu meningkatkan ketenangan sekaligus istirahat dan bahkan mampu menghilangkan ketegangan akibat stres atau kecemasan.

Dilansir dari laman Livestrong.com, ada 5 pilihan teh terbaik untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan yang direkomendasikan oleh para ahli diet. Berikut 5 pilihan teh tersebut:

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Tepung Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah, Yuk Coba!

1. Teh hijau

Teh hijau

Selain dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat, teh hijau juga diklaim dapat membantu mengatasi stres.

Seorang Ahli Diet bernama Marie Spano, RD, CSSD, merekomendasikan teh hijau bebas kafein yang kaya akan theanine atau asam amino yang memiliki efek menenangkan untuk membantu mengurangi stres. Sebuah studi kecil pada Juni 2017 di Biological and Pharmaceutical Bulletin pun menyarankan untuk memilih teh hijau rendah kafein guna mencegah efek anti-stres yang ada di dalam theanine terblokir oleh kafein.

Tak hanya dapat membantu mengatasi stres, teh hijau juga telah dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan, menurut ulasan pada Oktober 2017 di Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology.

2. Teh hitam

Teh hitam

Ada banyak manfaat dari minum teh hitam termasuk mengurangi tingkat stres. Secara alami, teh hitam mengandung theanine dan kafein. Adapun gabungan dari kedua zat tersebut telah terbukti mampu menghasilkan kewaspadaan tergantung dosis namun tetap dalam keadaan santai.

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam secara teratur dapat membantu mengurangi stres.

Menurut sebuah studi pada Januari 2007 di Psychopharmacology, minum teh hitam setiap hari bisa membantu meningkatkan relaksasi sekaligus menurunkan kadar kortisol. Bahkan, menyeruput teh hitam juga dapat membantu pemulihan stres sebagaimana diungkapkan oleh para peneliti.

3. Teh lemon balm

Teh lemon balm

Teh lemon balm dikategorikan sebagai salah satu solusi alami yang terbaik untuk membantu mengatasi kecemasan dan mengurangi stres.

Teh lemon balm sering digunakan oleh para herbalist untuk mendukung pasien yang sedang berjuang dengan stres dan kecemasan. Berdasarkan tinjauan pada Desember 2021 di Phytotherapy Research, teh lemon balm telah dikaitkan dengan tingkat kecemasan dan gejala depresi yang lebih rendah dengan sedikit atau tanpa efek samping.

Mengutip Mayo Clinic, ada juga penelitian yang mendukung kemampuan teh lemon balm dalam hal mengurangi gejala kecemasan. Kendati begitu, teh lemon balm bisa menyebabkan mual dan sakit perut meskipun umumnya dapat ditoleransi dengan baik.

4. Teh chamomile

Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat aromatik yang menenangkan sehingga cocok untuk dikonsumsi terutama sebelum tidur.

Selain menenangkan, teh chamomile juga terkenal dengan manfaatnya dalam hal menghilangkan stres, meredakan sakit kepala tegang, dan merilekskan otot.

Menurut Cleveland Clinic, teh chamomile dapat bekerja sebagai obat penenang ringan bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk menenangkan diri sebelum tidur. Dengan minum teh chamomile sebelum tidur, itu akan membantu mengurangi kecemasan, mendorong ketenangan, dan meningkatkan rasa kantuk.

5. Teh akar ashwagandha

Akar ashwagandha

Ashwagandha adalah jenis ramuan yang termasuk dalam keluarga nightshades. Ashwagandha telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda tradisional. Meskipun sering digunakan untuk meningkatkan energi, ashwagandha juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah luar biasa yaitu bisa menghilangkan stres.

Untuk mendukung pengurangan stres, teh akar ashwagandha merupakan opsi yang bagus untuk dipilih. Menurut Ahli Diet sekaligus Ahli Herbal Klinis bernama Jenna Volpe, RDN, LD, ashwagandha termasuk dalam kelas herbal yang terbukti mampu mengurangi respons stres pada manusia.

Menurut sebuah studi pada Desember 2019 di Cureus, konsumsi akar ashwagandha mengarah pada kualitas tidur yang lebih baik dan stres yang lebih rendah. Mengonsumsi teh akar ashwagandha setiap hari telah terbukti mampu mengurangi hormon stres kortisol hampir sebanyak 25%, sebagaimana diungkapkan oleh sebuah studi di Medicine pada tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News