HOME, Keluarga

5 Pilihan Cara untuk Menyingkirkan Double Chin, Mana yang Ingin Anda Coba?

5 Pilihan Cara untuk Menyingkirkan Double Chin, Mana yang Ingin Anda Coba?

MOMSMONEY.ID - Lapisan lemak ekstra di bawah dagu atau double chin dapat dengan mudah membuat seseorang terlihat lebih tua dan berat dari aslinya. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan perkembangan double chin adalah genetika. Saat anggota keluarga Anda yang lainnya memiliki double chin, Anda pun berpeluang tinggi untuk sama-sama memiliki double chin.

Berat badan berlebih juga dapat menjadi pemicu tumbuhnya double chin. Ketika berat badan Anda melebihi angka ideal, itu akan menciptakan lapisan lemak tambahan di daerah dagu dan leher yang disebut juga dengan lemak submental.

Selain itu, bertambahnya usia juga bisa menyebabkan double chin karena kulit akan kehilangan elastisitasnya dan mulai mengendur di area yang sebelumnya kencang. Dan, area umum di mana hal ini sering terjadi adalah dagu dan leher. Tak sampai di situ, postur tubuh yang mulai membungkuk akibat penuaan pun akan membuat dagu semakin berlipat sekaligus mengendurkan otot-otot pada wajah dan leher.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasi Rambut Rontok Setiap Hari

Moms, walaupun keberadaan double chin sangat mengganggu penampilan Anda, namun jangan lantas hal itu membuat Anda frustasi. Daripada terus-menerus diratapi dan dikeluhkan, alangkah baiknya Anda mencoba salah satu atau beberapa cara menyingkirkan double chin sebagaimana dilansir dari Vanguard Dermatology berikut ini.

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan lapisan lemak ekstra di sekitar leher dan dagu. Untuk membantu mengencangkan area double chin, Anda bisa melakukan yoga wajah dengan rutin selama beberapa menit dalam sehari.

Salah satu gerakan yoga wajah yang bisa Anda coba adalah kiss the sky atau whistle at the ceiling. Gerakan ini mengharuskan Anda untuk menjaga punggung tetap lurus sementara dagu dimiringkan ke arah langit-langit dan bibir dikerutkan seolah-olah Anda sedang mencium angkasa. Supaya maksimal, Anda bisa mengulang gerakan yoga tersebut sebanyak 10 kali dalam satu sesi.

2. Turunkan berat badan

Terkadang, penambahan berat badan berkontribusi pada pembentukan double chin. Cukup dengan mengurangi berat badan berlebih, Anda bisa mengurangi lapisan lemak yang ada di bawah dagu Anda.

Meskipun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan, namun beberapa di antaranya tergolong sederhana dan cukup efektif untuk membantu mencapai tujuan penurunan berat badan. Anda dapat mengombinasikan program diet Anda dengan olahraga yang teratur guna menghasilkan penurunan berat badan yang substansial. Apabila diterapkan secara konsisten, bukan mustahil jika double chin Anda akan perlahan menghilang.

3. Prosedur non-bedah

Anda mungkin perlu melakukan upaya ekstra untuk menghilangkan double chin. Dan, salah satu upaya yang bisa Anda coba adalah coolsculpting. Coolsculpting sendiri adalah prosedur non-invasif yang dilakukan dengan cara membekukan kelebihan lemak dan menghilangkannya.

Pembekuan sel-sel lemak tersebut disebut dengan cryolipolysis dan akan menciptakan perubahan bertahap pada area yang dirawat dari waktu ke waktu. Adapun hasil dari prosedur coolsculpting akan terlihat dalam kurun waktu 1-3 bulan setelah perawatan.

Prosedur invasif minimal lainnya yang bisa Anda coba adalah mesoterapi. Mesoterapi berfungsi untuk membuat tubuh memetabolisme sel-sel lemak. Melalui serangkaian suntikan yang melarutkan sel-sel lemak, area yang dirawat akan sangat mungkin mengalami pengencangan saat lemak menipis.

4. Laser

Sebenarnya, perawatan laser adalah prosedur non-bedah dengan menggunakan laser terpandu untuk mencairkan jaringan lemak tepat di bawah kulit. Perawatan laser hanya membutuhkan anestesi lokal selama prosedur dan perawatannya tergolong cepat.

Laser bisa Anda coba untuk membantu menyingkirkan double chin secara praktis dan instan.

5. Liposuction

Liposuction atau sedot lemak adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin menghilangkan double chin dengan hasil yang cepat dan tidak keberatan untuk menjalani operasi sederhana.

Liposuction secara fisik mampu menghilangkan lemak di bawah dagu dengan kisaran waktu kurang lebih 1 jam. Untuk melakukan prosedur ini, kemungkinan Anda hanya memerlukan anestesi lokal.

Kendati Anda bisa mengalami memar dan bengkak setelah menjalani liposuction, namun perawatan ini tetap patut Anda pertimbangkan untuk menciptakan garis rahang baru yang berkontur, karena liposuction cenderung hanya memerlukan satu kali operasi dan tubuh akan lebih cepat untuk sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News