Keluarga

5 Perawatan yang Ampuh untuk Menghilangkan Bopeng pada Wajah

5 Perawatan yang Ampuh untuk Menghilangkan Bopeng pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Bopeng atau pockmarks adalah noda dengan bentuk cekung yang terlihat seperti lubang atau lekukan pada kulit. Tampilan bopeng cenderung menonjol dari bagian kulit lainnya sehingga terlihat begitu jelas. Bahkan, bopeng sering kali membuat permukaan kulit tampak tidak merata dan membuat pemiliknya merasa tidak percaya diri.

Salah satu penyebab bopeng yang paling umum adalah jerawat. Selain itu, bopeng juga dapat muncul akibat cacar air serta infeksi bakteri staphylococcus atau streptococcus.

Dalam merawat kulit yang bopeng, penggunaan skincare memang bisa membantu. Namun, hasilnya cenderung kurang maksimal dan tidak bisa benar-benar menghilangkan bopeng.

Baca Juga: Bikin Rumah Tampil Cantik, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu!

Jika Anda ingin menghilangkan bopeng pada wajah secara efektif, lebih baik Anda mencoba salah satu dari 5 perawatan yang dilansir dari Healthline dan Medical News Today ini.

1. Dermabrasi

Perawatan pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng adalah dermabrasi. Memiliki hasil yang serupa dengan chemical peeling, dermabrasi dilakukan menggunakan mesin pengamplas kulit untuk menghilangkan epidermis dan dermis.

Dermabrasi membutuhkan anestesi lokal atau umum tergantung besar kecilnya area kulit yang terkena bopeng.

Kendati bisa menciptakan tampilan kulit yang lebih merata dan mengurangi bopeng, dalam beberapa kasus dermabrasi bisa menyebabkan bekas luka baru atau pori-pori membesar. Selain itu, dermabrasi juga berisiko menyebabkan infeksi kulit saat lapisan dermis yang lebih dalam dihilangkan.

2. Mikrodermabrasi

Perawatan kedua yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng adalah mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi mampu menghilangkan bopeng dengan cara menghilangkan lapisan kulit terluar (epidermis) menggunakan bahan abrasif alih-alih bahan kimia atau mesin pengamplas kulit.

Adapun bahan abrasif yang digunakan untuk melakukan mikrodermabrasi adalah kristal kecil bikarbonat atau aluminium oksida.

Mikrodermabrasi biasanya tidak menimbulkan efek samping dan cenderung bekerja paling baik jika dilakukan secara teratur.

3. Microneedling

Perawatan ketiga yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng adalah microneedling. Disebut juga sebagai terapi induksi kolagen, microneedling dilakukan menggunakan jarum kecil khusus untuk menusuk bagian kulit yang bermasalah.

Saat luka bekas tusukan jarum microneedling mulai sembuh, kulit akan memproduksi lebih banyak kolagen. Pada gilirannya, jumlah kolagen yang meningkat akan mengisi area kulit yang bopeng.

Untuk hasil maksimal, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan perawatan lanjutan setiap 2-6 minggu. Dalam waktu setidaknya 9 bulan, kemungkinan besar hasil yang siginifikan akan mulai terlihat.

4. Ablative laser resurfacing

Perawatan keempat yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng adalah ablative laser resurfacing. Untuk bopeng, ablative laser resurfacing bekerja dengan cara menghilangkan lapisan tipis kulit.

Termasuk bentuk perawatan laser yang paling invasif, ablative laser resurfacing memerlukan waktu pemulihan selama 1-2 minggu. Meskipun begitu, hasil dari perawatan ini bisa bertahan selama bertahun-tahun bahkan tanpa perawatan tambahan.

Di sisi lain, ablative laser resurfacing memiliki beberapa efek samping meliputi perubahan pigmentasi, kemerahan dan bengkak, jerawat, jaringan parut lebih lanjut, hingga infeksi.

5. Filler

Perawatan terakhir yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bopeng adalah filler. Filler dilakukan dengan menyuntikkan kolagen atau zat berbasis lemak ke area kulit yang bermasalah.

Filler memang tidak bisa menghilangkan bopeng sepenuhnya, namun perawatan ini mampu memperbaiki tampilan kulit yang terdapat bopeng dengan cara mengisinya.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), hasil dari filler bisa bertahan selama 6 bulan hingga tanpa batas waktu tergantung jenis pengisi yang digunakan.

Itu dia 5 perawatan yang ampuh untuk menghilangkan bopeng pada wajah. Kira-kira, perawatan mana yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News