5 Penyebab Wajah Berminyak yang Bikin Ganggu, Apa Saja?

Sumber: Olay
Rabu, 23 November 2022 | 14:45 WIB
5 Penyebab Wajah Berminyak yang Bikin Ganggu, Apa Saja?

ILUSTRASI. 5 Penyebab Wajah Berminyak yang Bikin Ganggu, Apa Saja?


MOMSMONEY.ID - Bikin tidak percaya diri, Anda perlu mengenal penyebab wajah berminyak yang bikin ganggu. Memiliki wajah berminyak bisa mengganggu penampilan Anda sehari-hari.

Wajah berminyak bisa menjadi awal dari munculnya jerawat dan komedo. Tentunya, Anda perlu merawat dan menjaga kebersihan wajah agar selalu tampil menarik.

Wajah berminyak memiliki beberapa penyebab, penyebab tersebut bisa berasal dari pengaruh dalam tubuh atau di luar tubuh Anda.

Berikut lima penyebab wajah berminyak yang bikin ganggu dilansir dari olay.co.id, yaitu : 

1. Stres

Penyebab wajah berminyak pertama adalah stres. Stres bisa memicu wajah memproduksi minyak berlebih. Saat tingkat stres memuncak, produksi hormon kortisol akan turut meningkat sehingga berdampak pada kelenjar keringat.

Ternyata kulit wajah lebih sensitif daripada permukaan kulit lainnya. Kelenjar minyak yang terlalu aktif bisa mengakibatkan pori-pori tersumbat sehingga muncul komedo dan jerawat.

2. Kondisi Genetik

Penyebab wajah berminyak selanjutnya adalah kondisi genetik. Wajah berminyak bisa diturunkan oleh orang tua. Apalagi kalau keduanya memiliki kulit berminyak, kemungkinan Anda memiliki kondisi serupa jadi lebih besar.

Kelainan pada kulit wajah ini memang bisa diturunkan secara genetik. Kalau berniat mencari solusi optimal untuk mengatasinya, lebih baik Anda menghubungi dokter estetika untuk mendapatkan perawatan intensif.

Baca Juga: 4 Manfaat Cleansing Balm untuk Kulit Wajah, Bikin Bersih Maksimal

3. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab wajah berminyak. Tidak hanya pada masa pubertas, wanita pada berbagai usia lebih rentan mengalami masalah tersebut. Misalnya, saat masa menstruasi dan menopause.

Pada saat menjelang menstruasi, kadar progesteron akan naik dan menyebabkan kelenjar minyak menjadi aktif.

Kondisi ini membuat bakteri propionibacterium acnes berkembang biak dan menyebabkan peradangan pada kulit wajah berupa jerawat.

4. Pengaruh Lingkungan 

Selanjutnya, penyebab wajah berminyak adalah pengaruh lingkungan. Cuaca lembap dan matahari yang bersinar terik misalnya bisa membuat kulit jadi lebih mudah berkeringat dan berminyak.

Keadaan ini bisa jadi lebih parah untuk Anda yang suka beraktivitas di luar ruang. Paparan debu dan polusi yang ada di sekitar membuat kesehatan kulit jadi lebih rentan.

Proses penuaan kulit berupa perubahan warna, kerutan hingga munculnya bintik-bintik hitam bisa saja terjadi lebih cepat. Sehingga sangat diperlukan menggunakan produk perawatan terbaik untuk melindungi kulit. 

5. Faktor Usia

Penyebab wajah berminyak lainnya adalah faktor usia. Biasanya, masalah kulit seperti jerawat dan komedo dialami oleh remaja. Pada orang-orang usia muda, produksi dari kelenjar sebasea memang tengah meningkat.

Ketika memasuki usia pubertas, produksi sebum bahkan bisa meningkat hingga 500%. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit wajah jadi lebih berminyak.

Baru setelah usia semakin bertambah, kulit akan kehilangan protein termasuk kolagen. Produksi sebum juga akan menurun.

Itulah lima penyebab wajah berminyak yang bikin ganggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER