Bugar

5 Penyebab Turunnya Produksi Kolagen Dalam Tubuh

5 Penyebab Turunnya Produksi Kolagen Dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Mulai hindari atau perbaiki beberapa kebiasaan yang jadi penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh. 

Tubuh dapat memproduksi kolagen secara alami. Kolagen menjadi salah satu bagian pada tubuh yang cukup penting.Hal ini karena kolagen berfungsi untuk mempertahankan kondisi kulit  Anda.

Jenis protein ini sering dijumpai di beberapa bagian tubuh seperti tulang, kulit, tendon, otot, dan ligamen. Akan tetapi, produksi kolagen dalam tubuh bisa  mengalami penurunan jika Anda melakukan beberapa kebiasaan buruk

Melansir realfood.co.id, berikut beberapa penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh: 

1. Kurangnya waktu tidur

Penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh adalah kurangnya waktu tidur. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kualitas tidur yang buruk bisa menurunkan kolagen dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan menurunnya sistem kekebalan tubuh yang merambat pada rusaknya kandungan protein pada kulit. Sehingga, kurang tidur membuat kulit Anda terlihat menjadi kusam. 

2. Makanan tinggi gula

Selanjutnya, makanan tinggi gula bisa menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh turun. Kemudian, makanan tinggi gula juga bisa berpotensi memicu inflamasi dan kerusakan kolagen.

Kalau kasusnya sudah serius, jenis protein tersebut akan kehilangan kemampuan memperbaiki dirinya sendiri. Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis.

Baca Juga: 4 Tanda Wajah Kekurangan Kolagen, Apa Saja?

3. Paparan sinar matahari

Penyebab turunnya produksi kolagen berikutnya adalah paparan sinar matahari. Radiasi sinar ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang akan berpotensi mempercepat proses penuaan.

Alasannya karena kerusakan serat elastin di lapisan kulit paling dalam (dermis). Hasilnya, kulit Anda terlihat keriput dan kendur. Pentingnya menggunakan produk sunscreen sebelum Anda beraktivitas ke luar rumah. 

4. Ekspresi dan gerakan wajah

Ekspresi dan gerakan wajah bisa menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh menurun. Ketika Anda tersenyum atau menyipitkan mata ternyata bisa menyebabkan kerutan dan garis halus.

Bahkan saat usia sudah memasuki masa tua, kelenturan kulit tidak akan mengembalikan kemulusan wajah. Apalagi kalau masalah pada kolagen sudah terjadi sejak usia muda.

5. Merokok

Penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh lainnya adalah merokok. Tidak hanya pada kulit, tubuh juga memiliki dampak buruk terhadap kebiasaan merokok. 

Walau pun Anda sudah rajin mengonsumsi sumber kolagen terbaik, kebiasaan merokok yang belum dihentikan tetap berisiko menurunkan produksi kolagen.

Bahan kimia berbahaya dalam produk tersebut dapat merusak protein dan elastin kulit yang menjadi faktor penuaan dini. 

Nah, itulah beberapa penyebab turunnya produksi kolagen pada tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News