HOME, Keluarga

5 Penyebab Tanaman Bunga Mawar Layu

5 Penyebab Tanaman Bunga Mawar Layu

MOMSMONEY.ID - Sejak dulu, bunga mawar dianggap sebagai bunga yang paling indah dan romantis. Maka tak heran bila setiap orang memiliki satu tanaman ini di pekarangannya.

Namun sayangnya, tak selalu mudah untuk memiliki bunga mawar. Tanaman ini terkadang menjadi layu tanpa Anda sadari dan terjadi begitu saja.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tanaman mawar Anda menjadi layu.

Dilansir dari Plantophiles, berikut ini 5 penyebab tanaman bunga mawar menjadi layu.

Baca Juga: Ini Penyebab Daun Tanaman Sukulen Menjadi Kuning dan Cara Mengatasinya

Masalah Penyiraman

Air sangat penting untuk transportasi nutrisi dalam tanaman. Oleh karena itu, penyiraman harus dilakukan dengan tepat atau tanaman mawar Anda akan layu.

Tanaman mawar yang tidak mendapatkan cukup air akan sering layu, daunnya kerdil, kesulitan berbunga, dan rontok. Sementara tanaman mawar yang kelebihan air akan menguning dan terkulai.

Semak mawar membutuhkan setidaknya 2,5 cm air setiap minggu. Selama musim panas, mereka membutuhkan lebih banyak air.

Ketika tanaman mawar sudah berkembang sepenuhnya, Anda dapat menyirami cukup sekali atau dua kali seminggu.

Namun, karena mawar memiliki sistem perakaran yang dalam, sangat penting untuk menyiraminya dengan hati-hati, agar air masuk jauh ke dalam tanah.

Kejutan Transplantasi

Setiap tanaman akan tumbuh lebih besar, sehingga memindahkannya ke pot yang lebih besar sangat direkomendasikan.

Sayangnya, merepoting atau memindahkan tanaman dapat menyebabkan tanaman lesu dan lemas. Kejutan transplantasi adalah penyebab tanaman menjadi layu sesudahnya.

Hal ini karena akar tidak dapat mengambil air dan nutrisi. Anda harus berhati-hati dan cepat saat melakukan proses pemidahan.

Perubahan Suhu

Idealnya, tanaman mawar tumbuh subur dengan suhu 27 derajat C, dengan kelembapan relatif 60-70%. Artinya, mawar tidak cukup tumbuh baik bila suhu sangat panas karena akan membuat tanahnya cepat kering.

Namun, mawar juga tidak mampu menahan suhu di bawah 0 derajat C. Oleh karena itu, Anda disarankan menyirami tanaman mawar saat suhunya tinggi dan memberikan tempat yang hangat saat cuacanya dingin.

Baca Juga: Ingin Menghijaukan Tempat Tinggal? Pelihara 6 Tanaman Hias Berdaun Lebar Ini

Penyakit Layu Verticillium

Penyakit layu verticillium adalah virus jamur yang dapat menyebabkan layu batang dan menguningnya daun yang dekat dengan tanah.

Karena penyakit ini, perlahan-lahan daun tanaman akan jatuh sepenuhnya. Ini merupakan penyakit tanaman mawar yang serius karena dapat dengan mudah membunuh seluruh tanaman.

Sayangnya, hal itu tidak dapat diobati, sehingga cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan.

Hama Kutu Daun

Kemungkinan lainnya yang menyebabkan tanaman mawar layu adalah serangan hama kutu daun. Kutu daun dikenal menggunakan semak mawar dan tanaman lain sebagai inangnya.

Kutu daun akan memakan daun, batang, dan bunga mawar dengan mengekstrak jus jaringan tanaman. Ini dapat menyebabkan daun tanaman menggulung dan menghambat pertumbuhan tanaman. Pembungaan menjadi sulit, sehingga tanaman mulai layu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News