HOME, Bugar

5 Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

5 Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyebab radang tenggorokan pada anak bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari masalah kesehatan tertentu sampai infeksi yang terjadi karena bakteri maupun virus.

Inilah mengapa, orang tua perlu mengetahui apa saja penyebab radang tenggorokan pada anak. Dengan demikian, bisa dilakukan penanganan secara tepat untuk mencegah komplikasi. 

Dilansir dari Kids Health dan Health Focus, inilah 5 hal yang menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak yang perlu orang tua ketahui, antara lain:

Baca Juga: Waspadai! Ini Gejala Radang Tenggorokan Akut yang Perlu Anda Ketahui

1. Makanan tertentu 

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang pertama adalah makanan tertentu.  Mengonsumsi makanan tertentu juga bisa memengaruhi kondisi tenggorokan.

Saat anak mengonsumsi makanan tertentu, misalnya makanan yang terlalu pedas atau berminyak, risiko sakit tenggorokan akan meningkat. 

2. Infeksi bakteri

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang kedua adalah infeksi bakteri. 

Tidak banyak yang tahu kalau ada beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan radang tenggorokan pada anak, salah satunya adalah bakteri Streptococcus pyogenes yang mengakibatkan strep throat.

3. Udara yang kering

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang ketiga adalah udara yang kering. Udara kering dapat menyebabkan tenggorokan terasa gatal dan tidak nyaman.

Jika ini terjadi, pastikan orang tua memenuhi asupan cairan harian anak. Hindari konsumsi minuman dengan gula tinggi atau soda karena bisa membuat sakit tenggorokan semakin memburuk.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorakan yang Bikin Susah Menelan

4. Alergi

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang keempat adalah alergi. Alergi juga bisa menjadi penyebab radang tenggorokan anak.

Masalah kesehatan ini terjadi ketika ada alergen atau zat asing masuk dan menginfeksi saluran pernapasan anak sehingga memicu munculnya gejala.

5. Flu

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang kelima adalah flu. Flu atau influenza terjadi karena infeksi virus.

Selain demam, gejala lain yang muncul saat anak mengalami flu adalah sakit kepala, hidung tersumbat, bersin-bersin, dan radang tenggorokan.

Selain flu, sakit tenggorokan juga bisa mengindikasikan masalah infeksi virus lainnya, tak terkecuali corona. 

Jika anak menunjukkan gejala-gejala yang berbahaya, seperti kesulitan bernapas, kesulitan menelan, gangguan berbicara, serta gejala tidak enak badan.

Segera bawa anak Anda ke rumah sakit terdekat. Sebab, bisa jadi sakit tenggorokan yang muncul adalah tanda penyakit berbahaya.

Namun, pada kondisi umum dan ringan, sakit tenggorokan pada anak biasanya akan membaik setelah beberapa saat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News