Bugar

5 Penyebab Produksi Kolagen Turun pada Tubuh yang Harus Anda Tahu

5 Penyebab Produksi Kolagen Turun pada Tubuh yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Walaupun bisa diproduksi secara alami, ada penyebab kolagen dalam tubuh turun yang harus Anda tahu. 

Kolagen menjadi salah satu bagian pada tubuh yang cukup penting. Hal ini karena kolagen berfungsi untuk mempertahankan kondisi kulit  Anda.

Jenis protein ini sering dijumpai di beberapa bagian tubuh seperti tulang, kulit, tendon, otot, dan ligamen.

Namun, produksi kolagen dalam tubuh bisa  mengalami penurunan jika Anda melakukan beberapa faktor di bawah ini.

Melansir dari realfood.co.id, berikut lima penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh, yaitu: 

Baca Juga: 5 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Ibu Hamil, Moms Bisa Praktikkan

1. Waktu tidur kurang

Pertama, penyebab turunnya produksi kolagen dalam tubuh adalah kurangnya waktu tidur. Sebuah penelitian menyebutkan, kualitas tidur yang buruk bisa menurunkan kolagen dalam tubuh.

Sebab, sistem kekebalan tubuh yang menurun merambat pada rusaknya kandungan protein pada kulit. Sehingga, kurang tidur membuat kulit Anda terlihat menjadi kusam. 

2. Makanan tinggi gula

Selanjutnya, makanan tinggi gula bisa menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh turun. Kemudian, makanan tinggi gula juga bisa berpotensi memicu inflamasi dan kerusakan kolagen.

Kalau kasusnya sudah serius, jenis protein tersebut akan kehilangan kemampuan memperbaiki dirinya sendiri. Hindari terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis, ya. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Vitamin B untuk Kulit yang Perlu Anda Tahu!

3. Paparan Sinar Matahari

Penyebab turunnya produksi kolagen lainnya adalah paparan sinar matahari. Radiasi sinar ultraviolet (UV) dari paparan sinar matahari dalam jangka waktu panjang akan berpotensi mempercepat proses penuaan.

Alasannya karena kerusakan serat elastin di lapisan kulit paling dalam (dermis). Hasilnya, kulit Anda terlihat keriput dan kendur. Jadi, penting menggunakan produk sunscreen sebelum Anda beraktivitas ke luar rumah. 

4. Ekspresi dan gerakan wajah

Ekspresi dan gerakan wajah bisa menyebabkan produksi kolagen dalam tubuh menurun. Ketika Anda tersenyum atau menyipitkan mata ternyata bisa menyebabkan kerutan dan garis halus.

Bahkan saat usia sudah memasuki masa tua, kelenturan kulit tidak akan mengembalikan kemulusan wajah. Apalagi, kalau masalah pada kolagen sudah terjadi sejak usia muda.

5. Merokok

Penyebab produksi kolagen dalam tubuh turun lainnya adalah merokok. Tidak hanya pada kulit, tubuh juga memiliki dampak buruk terhadap kebiasaan merokok. 

Walau pun Anda sudah rajin mengonsumsi sumber kolagen terbaik, kebiasaan merokok yang belum dihentikan tetap berisiko menurunkan produksi kolagen.

Bahan kimia berbahaya dalam produk tersebut dapat merusak protein dan elastin kulit yang menjadi faktor penuaan dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News