HOME, Bugar

5 Penyebab Polip Hidung yang Perlu Anda Ketahui

5 Penyebab Polip Hidung yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Polip hidung merupakan keluhan kesehatan yang bisa menyerang orang dengan usia berapa pun. Kondisi medis ini merupakan pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau sinus, dikutip dari Healthline.

Untungnya polip merupakan jaringan lembut yang tak terasa sakit, terlebih lagi tidak bersifat kanker. Sayangnya, sampai kini para ahli masih belum bisa menentukan secara pasti penyebab munculnya polip hidung.

Polip ini sendiri merupakan lesi yang muncul hasil dari inflamasi pada jaringan saluran hidung atau sinus. Nah, inflamasi ini menyebabkan terkumpulnya sel-sel berisi cairan pada dinding saluran pernapasan, hingga akhirnya terbentuklah polip.

Baca Juga: Penyakit Kusta: Gejala, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab polip hidung dirangkum dari Healthline dan Health Focus. 

1. Infeksi sinus berulang

Sinus yang terinfeksi akan mengalami peradangan dan pembengkakan. Akibatnya, lendir juga bisa menumpuk di dalam sinus dan memperparah peradangan.

Kondisi peradangan seperti ini, terutama yang dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, bisa dengan mudah menjadi penyebab polip hidung.

2. Sindrom churg strauss

Sindrom ini bisa menjadi penyebab polip hidung. Sindrom ini merupakan kondisi yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah. Hampir semua pengidap sindrom ini akan mengalami asma atau alergi rhinitis.

3. Penyakit asma

Penyakit asma adalah salah satu penyebab polip hidung yang cukup umum. Penelitian menunjukkan bahwa penderita asma cenderung lebih rentan terkena radang hidung dan sinus yang lebih parah.

Kondisi inilah yang menyebabkan polip hidung lebih mudah muncul pada penderita asma.

Baca Juga: Apa Itu Adenovirus? Kenali Cara Penularan Risiko Penyakitnya

4. Fibrosis kistik

Kondisi ketika tubuh mengalami kelainan genetika sehingga menghasilkan cairan yang kental dan berlebihan pada sistem pencernaan dan pernapasan, termasuk selaput sinus.

5. Rhinitis alergi

Hay fever atau bisa juga disebut dengan rhinitis alergi adalah peradangan dan penyumbatan di bagian dalam hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap berbagai alergen, seperti serbuk sari, debu, atau bulu hewan.

Peradangan yang disebabkan oleh alergi bisa bersifat kronis, artinya berlangsung dalam waktu yang cukup lama atau sering berulang. Akibatnya, peradangan di hidung ini bisa meningkatkan risiko tumbuhnya polip hidung.

Itulah yang perlu diketahui mengenai polip hidung. Jika kamu memiliki kondisi dan gejala yang sama, sebaiknya periksakan langsung polip hidung pada dokter berpengalaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News