5 Penyebab Penyakit Liver yang Harus Anda Ketahui

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 01 Agustus 2021 | 08:45 WIB
5 Penyebab Penyakit Liver yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit liver atau hati dapat menimbulkan masalah kesehatan serius. Melansir Healthline, liver adalah organ vital yang berfungsi mencerna makanan, mengolah energi untuk tubuh, sampai menyaring zat beracun dari darah.  

Penyakit liver merupakan istilah yang digunakan untuk setiap gangguan pada liver atau hati, yang menyebabkan organ hati tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Dengan peran vitalnya tersebut, liver menjadi organ yang paling kerja keras di tubuh manusia. Gejala sakit liver bisa beragam, tergantung pada penyebab dan jenis penyakitnya.  

Berikut beberapa tanda penyakit liver yang sering dirasakan penderitanya:  

  • Kulit dan mata menguning 
  • Urine berwarna gelap 
  • Kotoran buang air besar (BAB) berwarna pucat, berdarah, atau hitam 
  • Pergelangan kaki, tungkai, atau perut membengkak 
  • Mual dan muntah 
  • Nafsu makan menurun 
  • Sering lelah 
  • Kulit gatal-gatal tanpa sebab jelas 
  • Kerap memar 

Baca Juga: Pentingnya Minum Air Putih yang Cukup Selama Isoman

Seiring berjaannya waktu, sakit liver yang tidak tertangani dengan tepat bisa menyebabkan tumbuhnya jaringan parut (sirosis di hati).  

Dilansir dari Mayo Clinic terdapat beberapa penyebab penyakit liver, di antaranya: 

1. Infeksi Virus

Penyakit liver dapat disebabkan virus yang menginfeksi hati dan menyebabkan peradangan. Virus biasanya menyebar melalui darah, air mani, makanan atau air yang terkontaminasi, atau berkontak dengan orang yang terinfeksi. Jenis virus paling sering menyerang hati, termasuk hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. 

2. Kanker

Termasuk kanker hati, kanker saluran empedu, dan adenoma hati sebagai faktor penyakit liver. 

3. Genetika

Gen abnormal yang diwarisi dari salah satu atau kedua orang tua dapat menyebabkan penumpukan berbagai zat di hati. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan hati, meliputi penyakit hemochromatosis, penyakit wilson, defisiensi antitripsin alfa-1. 

Baca Juga: Konsumsi Buah-Buahan Ini Untuk Membantu Turunkan Kolesterol

4. Kelaianan sistem kekebalan tubuh

Penyakit kelainan sistem kekebalan yang menyerang bagian tertentu di tubuh (autoimun) dapat mempengaruhi kinerja hati. Penyakit ini termasuk hepatitis autoimun, kolangitis bilier primer, kolangitis sklerosis primer. 

5. Penyebab lainnya

Penyebab lain penyakit hati meliputi penyalahgunaan alkohol berat, penumpukan lemak di hati (penyakit hati berlemak non alkohol), resep obat tertentu, senyawa herbal tertentu. 

Penyakit liver jadi salah satu penyakit dengan dampak serius, itu sebabnya sudah sepantasnya kita melaksanakan pola hidup sehat, dan menjauhi tindakan yang meningkatkan risiko terkena liver.

Selanjutnya: Beberapa Jenis Vitamin B dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Editor: Helvana Yulian
Terbaru