HOME, Keluarga

5 Penyebab Makeup Gampang Luntur, Yuk Hindari!

5 Penyebab Makeup Gampang Luntur, Yuk Hindari!

MOMSMONEY.ID - Ber-makeup menjadi kesenangan tersendiri bagi banyak perempuan. Namun, tak jarang makeup yang sudah susah payah dibuat justru harus luntur atau hancur begitu saja dalam waktu yang terbilang singkat.

Mungkin, sebagian dari Moms bertanya-tanya apakah yang menyebabkan penampilan makeup tidak bisa awet dan mudah sekali rusak.

Tak perlu bingung, berikut MomsMoney paparkan 5 penyebab makeup menjadi gampang luntur dan hancur sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Bagus untuk Kulit dan Rambut, Ini 5 Manfaat Minum Teh Hibiscus atau Kembang Sepatu

1. Ber-makeup dengan terburu-buru

Untuk menciptakan penampilan makeup yang maksimal memang membutuhkan proses yang tidak sebentar. Maka tak heran jika kaum hawa selalu diidentikkan dengan waktu yang lama ketika sedang ber-makeup. Namun siapa sangka bahwa makeup yang dilakukan secara santai dan tidak terburu-buru justru memiliki sisi positif.

Pasalnya, terburu-buru dalam ber-makeup justru berisiko membuat makeup yang telah dibuat cenderung tidak tahan lama. Hal itu dikarenakan produk skincare membutuhkan waktu 5-10 menit untuk menyerap dengan baik ke dalam kulit. Nah, apabila Moms tidak sabar dan langsung menumpuk skincare yang belum kering dengan makeup, maka produk makeup yang digunakan tidak akan memiliki pegangan kuat untuk menjadikannya awet sehingga penampilan makeup pun akan mudah luntur maupun hancur.

2. Teknik pengaplikasian makeup tidak tepat

Alasan lain mengapa makeup Moms tidak tahan lama yaitu karena teknik yang Moms gunakan untuk mengaplikasikan makeup tidak tepat atau salah. Misalnya, Moms mengaplikasikan foundation terutama yang berbentuk cair dengan hanya mengandalkan jari. Padahal, cara terbaik untuk mengaplikasikan foundation ialah dengan menggunakan kuas atau spons.

Mengapa foundation sebaiknya tidak diaplikasikan dengan menggunakan tangan kosong? Karena, panas dan minyak yang berasal dari tangan atau jari akan berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan makeup yang ada di atasnya meleleh.

3. Menggunakan makeup kedaluwarsa

Apakah Moms sedang bertanya-tanya mengapa belakangan ini makeup yang Moms buat sering mudah luntur atau mudah hancur padahal cuaca sedang baik-baik saja, teknik yang digunakan sudah tepat, atau Moms tidak terburu-buru dalam mengaplikasikannya?

Nah, inilah saatnya bagi Moms untuk memeriksa ulang tanggal kedaluwarsa seluruh produk makeup yang Moms miliki. Perlu Moms ketahui bahwa produk makeup yang telah melewati masa kedaluwarsanya tidak hanya akan membuat penampilan akhir makeup menjadi kurang maksimal melainkan juga akan menimbulkan kerusakan pada kulit.

4. Terlalu sering menyentuh wajah

Alasan keempat yang memungkinkan makeup Moms mudah meleleh atau rusak yaitu Moms terlalu sering menyentuh wajah.

Suhu hangat pada tangan yang dikombinasikan dengan minyak sangat besar pengaruhnya untuk merusak makeup dan membuatnya meleleh dengan mudah. Selain itu, menyentuh wajah terlalu sering juga dapat memindahkan bakteri dari tangan ke wajah dan menyebabkan kulit mengalami jerawat.

5. Tidak menggunakan primer

Cara termudah untuk memastikan makeup tetap menempel sepanjang hari adalah dengan menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation atau alas bedak apapun. Penggunaan primer akan menciptakan kanvas yang sempurna untuk makeup yang Moms buat. Bukan sekadar itu, primer juga akan membuat makeup berbaur serta menciptakan penghalang antara produk makeup dan kulit untuk mencegah minyak alami bercampur dengan makeup.

Supaya tampilan makeup benar-benar flawless dan bertahan lama, Moms dapat menggunakan produk primer yang memiliki blur effect sebelum mengaplikasikan foundation.

Moms, itulah 5 alasan di balik luntur atau hancurnya penampilan makeup yang sering terjadi. Semoga penjelasan ini dapat menjawab segala kebingungan Moms berkaitan dengan performa makeup yang tidak tahan lama. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan informasi dalam tulisan ini kepada orang-orang terdekat Moms ya!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News