HOME, Keluarga

5 Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam, Simak Baik-Baik Ya!

5 Penyebab Kulit Wajah Terlihat Kusam, Simak Baik-Baik Ya!

MOMSMONEY.ID - Kulit glowing menjadi penampilan kulit ideal yang sering didambakan oleh banyak orang. Berbagai produk skincare bahkan rela dibeli untuk menciptakan tampilan kulit yang satu ini.

Namun, pernahkah Moms mengalami kulit kusam padahal sudah mengupayakan berbagai perawatan? Kira-kira, apa ya penyebabnya?

Tenang, Moms. Kali ini MomsMoney akan menjelaskan 5 penyebab kulit wajah terlihat kusam yang sangat umum terjadi namun belum tentu semua orang tahu. Supaya Moms dapat mengatasi kekusaman pada kulit dengan tepat, yuk cari tahu lebih dulu penyebabnya di bawah ini!

Baca Juga: Wajah Jadi Lebih Tua Setelah Menggunakan Foundation? Inilah 5 Penyebabnya

1. Malas eksfoliasi

Sel-sel kulit mati yang jarang disingkirkan lama-kelamaan akan menumpuk dan membuat kulit tampak kusam sekaligus tidak bernyawa. Jika Moms ingin kulit kembali cerah dan bercahaya, pastikan untuk melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati serta kotoran yang menutupi kulit wajah.

Gunakanlah scrub yang ringan kemudian pijat-pijat secara lembut pada wajah untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menggunung serta memancarkan cahaya dan kehalusan kulit tanpa menjadikannya iritasi maupun kering.

2. Tidak cukup tidur

Seseorang yang tidak cukup tidur akan terlihat jelas dari wajahnya yang kuyu dan area matanya yang dihiasi bayangan hitam. Ketika Moms kurang tidur, maka waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan perbaikan dan regenerasi sel pun otomatis berkurang. Akibatnya, kulit akan tampak lebih kusam dari biasanya.

Nah, supaya kulit senantiasa sehat dan bercahaya, pastikan untuk menciptakan istirahat malam yang baik dan berkualitas. Hindarilah begadang dan tidurlah dengan durasi 7-9 jam per hari.

3. Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari

Paparan sinar matahari tidak hanya berisiko menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini, melainkan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan suram. Sinar UV dari matahari mampu menghilangkan kelembaban pada kulit sekaligus membuatnya terlihat tak bernyawa.

Untuk mencegahnya, gunakanlah sunscreen dengan SPF berspektrum luas sebelum memulai aktivitas meskipun cuaca sedang mendung. Setiap beberapa jam, aplikasikan kembali sunscreen untuk menyelamatkan kulit dari kerusakan radikal. Selain itu, cobalah untuk membatasi waktu berkegiatan Moms di bawah sinar matahari ya.

4. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Kulit dehidrasi menjadi masalah jangka panjang yang dapat memicu munculnya tanda-tanda awal penuaan selain kulit kusam dan pucat.

Jika Moms termasuk orang-orang yang jarang minum air, sebaiknya perbaikilah kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang. Minumlah minimal 8 gelas air per hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

5. Perubahan hormon

Siapa sangka bahwa perubahan keseimbangan hormon akibat beberapa faktor seperti pubertas, kehamilan, proses pengobatan, dan menopause dapat memengaruhi kulit dan membuatnya tampak kusam.

Apabila kondisi ini terjadi, jangan ragu untuk memanjakan kulit Moms dengan menggunakan produk-produk yang melembabkan seperti face mask dan moisturizer. Disarankan juga untuk rajin makan makanan sehat untuk melawan kekeringan dan kekusaman pada kulit serta mengembalikan cahaya sehatnya.

Selanjutnya: 5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News