CLOSE [X]
ads

5 Penyebab Kulit Tetap Kering Setelah Memakai Pelembab

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:40 WIB
5 Penyebab Kulit Tetap Kering Setelah Memakai Pelembab


MOMSMONEY.ID - Kulit kering atau xerosis dikategorikan sebagai kulit yang pecah-pecah, bersisik, dan dehidrasi. Berdasarkan penelitian, masalah kulit kering cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Meskipun dapat diatasi dengan berbagai cara, nyatanya masih banyak orang yang kulitnya tetap kering walaupun mereka sudah berusaha melembabkannya secara rutin dengan menggunakan produk pelembab. Namun, tahukah Anda apa penyebabnya?

Dilansir dari Skinkraft Laboratories, inilah 5 hal yang menyebabkan kulit tetap kering walaupun Anda sudah menggunakan pelembab.

Baca Juga: Kehabisan Krim Cukur? Ini 7 Bahan Rumahan yang Bisa Menjadi Pengganti Krim Cukur

1. Membersihkan wajah secara berlebihan

Mencuci kulit wajah memang diperlukan untuk menghilangkan kotoran, debu, dan bakteri. Akan tetapi, pembersihan wajah yang dilakukan secara berlebihan justru dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda lho Moms.

Di permukaan kulit terdapat minyak dan molekul tertentu yang berkontribusi untuk melembabkan kulit secara alami. Apabila Anda terlalu sering mencuci wajah Anda, itu akan mengganggu faktor pelembab alami kulit dengan cara menghilangkan minyak dan molekul yang ada di permukaan kulit. Akibatnya, kulit akan mengalami kekeringan bahkan ketika Anda sudah mencoba melembabkannya.

2. Menggunakan produk cleanser yang keras

Sebagian besar produk pembersih kulit yang ada di pasaran memiliki formula yang cenderung keras bagi kulit. Tak jarang, produk-produk tersebut mengandung bahan-bahan seperti benzyl alcohol, sulfat, dan wewangian buatan. Faktanya, bahan-bahan itu berisiko menghilangkan minyak alami kulit sekaligus membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, penggunaan produk cleanser yang mengandung bahan kimia keras juga bisa mengiritasi kulit dan mengurangi keseimbangan ph alami kulit. Jadi, hati-hati saat memilih produk cleanser yang akan Anda gunakan ya Moms.

3. Menggunakan air yang terlalu panas

Banyak orang menggunakan air hangat untuk mencuci wajahnya. Namun, dikarenakan kulit wajah cenderung lebih lembut dari bagian tubuh lainnya, maka penggunaan air panas untuk membersihkan kulit sebaiknya Anda hindari. Pasalnya, air panas dapat memengaruhi penghalang alami kulit Anda.

Apabila Anda terus menggunakan air panas untuk mencuci wajah, itu bisa menyebabkan penghalang kulit rusak dan menciptakan jalur bagi semua kuman, bakteri, dan hal-hal eksternal lainnya untuk memasuki kulit Anda. Pada akhirnya, kulit akan menderita kekeringan, jerawat, dan masalah serius lainnya.

4. Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi menjadi salah satu rutinitas skincare yang tidak boleh Anda lewatkan. Kendati begitu, lakukanlah rutinitas ini sesuai anjuran alih-alih berlebihan karena eksfoliasi yang berlebihan dapat memicu iritasi dan ketidaknyamanan pada kulit.

Ketika Anda melakukan eksfoliasi kulit secara berlebihan, itu akan menghilangkan minyak alami dari kulit Anda sehingga kulit akan menjadi sangat kering. Dalam situasi seperti ini, kemungkinan kulit akan menunjukkan tanda-tanda kekeringan parah meskipun Anda berusaha keras untuk melembabkannya.

5. Kurang minum air putih

Dehidrasi adalah penyebab utama dari kulit kering. Perlu Anda ketahui bahwa lapisan luar kulit terbuat dari hampir 15-20% air. Jadi, asupan air secara teratur memainkan peran yang penting dalam hidrasi kulit Anda.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan jumlah asupan air dapat meningkatkan hidrasi pada stratum korneum. Dikutip dari Hello Sehat, stratum korneum adalah lapisan epidermis terluar yang terbentuk dari keratin dan berfungsi sebagai pelindung lapisan kulit yang lebih dalam.

Jadi, itulah 5 hal yang menyebabkan kulit Anda tetap kering meskipun Anda sudah menggunakan pelembab. Setelah mengetahuinya, pastikan Anda menghentikan kebiasaan buruk yang tanpa disadari dapat merusak kulit sekaligus menerapkan gaya hidup sehat untuk merawat kulit dari dalam ya, Moms. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER