Keluarga

5 Penyebab Kulit Kusam, Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bantuan Skincare

5 Penyebab Kulit Kusam, Ini Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Bantuan Skincare

MOMSMONEY.ID - Informasi seputar penyebab kulit kusam dan cara mengatasi kulit kusam dengan bantuan skincare ini tidak boleh Anda lewatkan.

Salah satu permasalahan kulit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang adalah kulit kusam. Saat kekusaman menyerang, kulit cenderung tampak tidak segar, tidak bernyawa, dan bahkan berwarna keabu-abuan.

Sebelum buru-buru mencari cara mengatasi kulit kusam, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab kulit menjadi kusam.

Simak baik-baik, inilah 5 penyebab kulit kusam yang umum terjadi.

Baca Juga: Dua Menu Salad untuk Membuat Kulit Lembab dan Awet Muda dari Dalam

1. Malas eksfoliasi

Penyebab kulit kusam yang pertama yaitu malas eksfoliasi. Sel-sel kulit mati yang jarang disingkirkan lama-kelamaan akan menumpuk dan membuat kulit tampak kusam.

Jika Moms ingin kulit kembali cerah dan bercahaya, pastikan untuk rutin melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali. Ini dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati serta kotoran yang menutupi kulit wajah.

Gunakanlah scrub yang ringan kemudian pijat-pijat secara lembut pada wajah untuk menyingkirkan sel kulit mati yang menggunung sekaligus memancarkan cahaya dari dalam kulit tanpa menjadikannya iritasi maupun kering.

2. Tidak cukup tidur

Penyebab kulit kusam yang kedua yaitu tidak cukup tidur. Seseorang yang tidak cukup tidur akan terlihat jelas dari wajahnya yang kuyu dan area matanya yang dihiasi bayangan hitam.

Ketika Moms kurang tidur, maka waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan perbaikan dan regenerasi sel akan berkurang. Akibatnya, kulit akan tampak lebih kusam dari biasanya.

Nah, supaya kulit senantiasa sehat dan bercahaya, pastikan untuk menciptakan istirahat malam yang baik dan berkualitas. Tidurlah dengan durasi 7-9 jam per hari dan hindari begadang.

3. Terlalu sering terpapar sinar matahari

Penyebab kulit kusam yang ketiga yaitu terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari tidak hanya berisiko menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini, tetapi juga bisa membuat kulit tampak kusam dan suram.

Sinar UV dari matahari mampu menghilangkan kelembaban pada kulit sekaligus membuatnya terlihat tak bernyawa.

Untuk mencegah kulit menjadi kusam, gunakanlah sunscreen dengan SPF berspektrum luas sebelum memulai aktivitas di luar ruangan meskipun cuaca sedang mendung. Setiap 2 jam, aplikasikan kembali sunscreen untuk menyelamatkan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

4. Dehidrasi

Penyebab kulit kusam yang keempat yaitu dehidrasi. Selain membuat kulit kusam, dehidrasi juga bisa menjadi masalah jangka panjang yang memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Jika Moms termasuk orang yang jarang minum, sebaiknya perbaiki kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang. Setidaknya, minumlah 8 gelas air per hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas kusam.

5. Perubahan hormon

Penyebab kulit kusam yang kelima yaitu perubahan hormon. Siapa sangka bahwa perubahan keseimbangan hormon akibat beberapa faktor seperti pubertas, kehamilan, proses pengobatan, dan menopause dapat memengaruhi kulit dan membuatnya tampak kusam.

Apabila kondisi ini terjadi, jangan ragu untuk memanjakan kulit Moms dengan menggunakan produk-produk yang melembabkan seperti face mask dan moisturizer.

Baca Juga: Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan yang Terbukti Bagus untuk Merawat Kecantikan Kulit

Cara mengatasi kulit kusam dengan bantuan skincare

Tak perlu terlalu khawatir ketika kulit Anda berubah menjadi kusam, karena kekhawatiran hanya akan memicu stres sekaligus mengundang berbagai permasalahan kulit lainnya.

Sebagai solusi, berikut 5 cara mengatasi kulit kusam dengan skincare yang dilansir dari Face Dr.

1. Pakai glycolic acid

Umumnya, kulit kusam disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit. Itulah sebabnya mengapa eksfoliasi perlu dilakukan secara teratur jika Anda menginginkan kulit yang cerah dan bersinar.

Salah satu bahan eksfoliasi yang patut Anda coba adalah glycolic acid atau asam glikolat. Termasuk alpha hydroxy acid (AHA), glycolic acid memiliki kemampuan untuk memecah sel-sel kulit mati supaya mudah terkikis.

Apabila tampilan kulit Anda terlihat lelah dan berwarna keabu-abuan, glycolic acid dapat membantu menghilangkan lapisan yang telah menyembunyikan cahaya alami kulit Anda.

2. Pakai vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat yang sangat bagus untuk banyak hal termasuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak bercahaya. Bahan ini terbukti mampu memerangi radikal bebas dan polutan yang dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Dengan mengaplikasikan skincare ber-vitamin C, itu akan membantu menyembuhkan kulit, meratakan warna kulit, serta menyamarkan noda hitam akibat paparan sinar matahari.

Vitamin C dapat digunakan pada hampir semua jenis kulit. Kendati demikian, pastikan untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda ya Moms.

Jika kulit Anda kering atau sensitif, gunakanlah skincare vitamin C yang memiliki konsentrasi 10%. Apabila kulit Anda berminyak atau kombinasi, pilihlah skincare yang memiliki konsentrasi vitamin C sebanyak 20% untuk hasil yang maksimal. Untuk pemilik kulit normal atau yang tidak terlalu sensitif dan tidak terlalu berminyak, skincare vitamin C dengan konsentrasi 15% sangat disarankan bagi Anda.

3. Pakai hyaluronic acid

Penyebab utama lainnya dari permasalahan kulit kusam adalah dehidrasi. Jika kulit kusam Anda disebabkan oleh dehidrasi, maka skincare yang mengandung hyaluronic acid tidak boleh Anda lewatkan.

Hyaluronic acid termasuk salah satu bahan skincare yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam hal menghidrasi. Hyaluronic acid memiliki kualitas yang tinggi untuk menghidrasi kulit karena bahan ini mampu menarik dan menahan kelembaban 1000 kali lebih banyak. Begitu diterapkan pada kulit, kelembaban yang dihasilkan dari hyaluronic acid akan membuat kulit menjadi lebih kenyal, segar, sehat, dan dewy.

Sama halnya dengan vitamin C, hyaluronic acid juga dapat ditoleransi oleh banyak orang dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Namun, bahan ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit kering dan kasar.

4. Pakai salicylic acid

Salicylic acid atau asam salisilat termasuk beta hydroxy acid (BHA) yang berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati dan membersihkan pori-pori dari kotoran serta minyak yang terperangkap.

Sangat bagus untuk kulit berminyak, kulit hiperpigmentasi, maupun kulit yang rentan berjerawat, bahan ini dapat membantu membersihkan kulit secara mendalam sekaligus menjadikannya lebih bercahaya.

Salicylic acid dapat ditemukan dalam bentuk serum, toner, hingga masker. Meski tergolong ideal untuk kulit berminyak, namun salicylic acid cenderung keras untuk kulit yang kering atau sensitif sehingga dapat dengan mudah menyebabkan kemerahan dan gatal. Jadi, pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan salicylic acid jikalau kulit Anda bertipe kering atau sensitif.

5. Pakai glycerin

Selain hyaluronic acid, glycerin juga termasuk bahan skincare dengan kualitas menghidrasi yang sangat baik berkat kemampuannya dalam menarik kelembaban. Manfaat lain dari glycerin yaitu mengurangi perubahan warna kulit, membantu melembutkan kulit, dan memudahkan proses eksfoliasi.

Dengan segala kemampuan yang dimiliki, glycerin bisa Anda pilih untuk mengatasi kekusaman pada kulit dengan lebih mudah.

Tak hanya cocok untuk kulit kering atau sensitif, glycerin juga mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit berminyak tanpa membuatnya terasa lebih berminyak.

Demikian penyebab kulit kusam dan cara mengatasi kulit kusam dengan bantuan skincare.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News