HOME, Bugar

5 Penyebab Komedo Pada Kulit Berminyak, Sudah Tahu?

5 Penyebab Komedo Pada Kulit Berminyak, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Komedo disebabkan oleh minyak dan bakteri yang terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras. Kulit kombinasi hingga kulit berminyak dapat menjadi penyebab komedo. Karakteristik kulit berminyak yaitu kulit wajah tampak mengkilap, pori-pori membesar dan kulit terlihat kusam.

Biasanya Zona 'T' selalu menjadi area paling sering dikhawatirkan yaitu dahi, hidung dagu. Namun, terkadang seluruh wajah bisa terkena dampaknya. Oleh karena itu,  Anda harus tahu penyebab komedo pada kulit berminyak, dilansir dari www.bioderma.co.id :

1. Pola makan yang tidak sehat

Mengonsumsi makanan cepat saji, makanan manis, dan produk-produk olahan susu dapat merangsang produksi sebum yang berlebihan. Sebaiknnya Anda mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit, seperti buah-buahan dan sayuran segar, ikan, kedelai, dan biji-bijian tertentu, yang mana merupakan sumber vitamin B6 yang baik, dan berguna dalam meregulasi sebum. 

2. Polusi 

Polusi juga berpengaruh terhadap komposisi sebum dan juga pada mikroflora alami kulit. Caranya yaitu polusi dapat berdampak terhadap ketidakseimbangan antara bakteri baik dan buruk yang hidup di permukaan kulit.

Baca Juga: Ketahui Urutan Skincare Remaja Yang Benar Dan Tepat

3. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari cenderung membuat kulit berminyak menjadi kering, tetapi hal ini tidak bertahan lama. Sekresi sebum tetap berlanjut, kadang-kadang pada tingkat yang lebih tinggi karena panas matahari. Lapisan kulit juga berubah jadi lebih tebal, dan mengganggu proses alami pengeluaran sebum. Hal tersebut dapat memunculkan  jerawat di wajah. Itulah pentingnya penggunaan sunscreen sehingga masalah kulit dapat dikurangi.

4. Keringat saat olahraga

Setelah selesai berolahraga, sebaiknya anda membersihkan wajah dari keringat yang menempel dengan sempurna. Agar tidak membuat masalah baru di kulit wajah. Namun, pada dasarnya keringat membantu meningkatkan proses pembersihan kulit secara alami melalui pori-pori dan mengaktifkan sirkulasi mikro

5. Stres 

Anda tahu bahwa stres juga berpengaruh terhadap produksi sebum / minyak. Mulailah belajar untuk tenang dan berpikiran positif. Selain itu, tidur yang baik memiliki durasi delapan jam setiap malam. Istirahat yang cukup dapat merawat kesehatan kulit wajah anda. 

Itulah penyebab komedo pada kulit berminyak yang harus anda tahu, moms. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam hal kebersihan dan perawatan bagi kulit berminyak, risiko blemish & komedo pada wajah Anda akan berkurang. 

Selanjutnya: Moms Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Perawatan Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News