ads

5 Penyebab Kebotakan yang Perlu Anda Tahu

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 06 Agustus 2022 | 13:05 WIB
5 Penyebab Kebotakan yang Perlu Anda Tahu


MOMSMONEY.ID - Kebotakan termasuk masalah rambut yang paling banyak ditakuti pada pria dan wanita. Kebotakan merupakan masalah rambut yang bisa dialami oleh siapa saja, sehingga menjadikan seseorang merasa tidak percaya diri.

Ada banyak sekali penyebab kebotakan, mulai dari genetik sampai kebiasaan sehari-hari dengan rambut.

Lebih jelasnya, berikut penyebab kebotakan yang penting Anda pahami, dilansir dari laman realfood.co.id: 

1. Faktor genetik

Penyebab pertama kebotakan adalah faktor genetik. Penyebab ini memang cukup sulit dihindari karena berasal dari keluarga. Biasanya, jenis kebotakan yang disebabkan oleh faktor genetik ini akan ditandai dengan adanya penipisan rambut dan mundurnya garis batas rambut pada dahi. 

2. Perubahan hormon dalam tubuh

Penyebab kebotakan selanjutnya yaitu perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Adanya perubahan hormon biasanya terjadi karena beberapa kondisi seperti kehamilan, melahirkan, gangguan tiroid dan lain-lain. Walaupun begitu, penyebab kebotakan karena hormon ini biasanya bersifat sementara.

Baca Juga: Cobain 4 Rekomendasi Face Mist yang Sesuai Jenis Kulit Anda

3. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Berikutnya, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab kebotakan. Hal ini karena efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Di antaranya seperti obat untuk kanker, depresi, asam urat, hipertensi atau penyakit jantung. Jika kondisi ini dialami oleh Anda, maka sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

4. Sering menata rambut

Suka meluruskan atau mengeringkan rambut dengan alat styling panas? Lama-lama rambut berpotensi mengakibatkan rambut rontok dan botak. Selain itu, terlalu sering melakukan penataan rambut seperti misalnya dikuncir bisa saja mengakibatkan masalah kebotakan. Karena rambut tidak leluasa dan tertarik beberapa kali.

5. Adanya indikasi penyakit tertentu

Penyebab kebotakan lainnya adalah adanya indikasi penyakit tertentu. Anda perlu tahu bahwa di antara penyakit seperti penyakit autoimun, infeksi jamur pada kulit kepala dan lain-lain. Bahkan, kondisi stres juga bisa menyebabkan masalah rambut rontok dan botak. Oleh karena itu, segera lakukan konsultasi ke dokter jika mengalami masalah seperti ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru
TERPOPULER