Bugar

5 Penyebab Kebotakan Rambut yang Harus Anda Tahu, Apa Saja?

5 Penyebab Kebotakan Rambut yang Harus Anda Tahu, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Bisa dialami pada pria dan wanita, Anda perlu mengetahui penyebab kebotakan rambut berikut ini. Kebotakan merupakan masalah rambut yang bisa dialami oleh siapa saja, sehingga menjadikan Anda tidak percaya diri.

Ada banyak sekali penyebab dari kebotakan yang perlu Anda tahu, mulai dari genetik sampai kebiasaan sehari-hari dengan rambut.

Lebih jelasnya, berikut lima penyebab kebotakan rambut dilansir dari realfood.co.id, yaitu: 

1. Faktor Genetik

Penyebab pertama kebotakan adalah faktor genetik. Penyebab ini memang cukup sulit dihindari karena berasal dari keluarga.

Biasanya, jenis kebotakan yang disebabkan oleh faktor genetik ini akan ditandai dengan adanya penipisan rambut dan mundurnya garis batas rambut pada dahi. 

2. Perubahan Hormon dalam Tubuh

Penyebab kebotakan selanjutnya adalah perubahan kadar hormon di dalam tubuh. Adanya perubahan hormon biasanya terjadi karena beberapa kondisi seperti kehamilan, melahirkan, gangguan tiroid dan lain – lain.

Walaupun begitu, penyebab kebotakan karena hormon ini biasanya bersifat sementara.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Kram Perut dan Nyeri Saat Menstruasi

3. Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Berikutnya, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab kebotakan. Hal ini karena efek samping dari penggunaan obat – obatan tertentu.

Di antaranya seperti obat untuk kanker, depresi, asam urat, hipertensi atau penyakit jantung. Jika kondisi ini dialami oleh Anda, maka sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter.

4. Sering Menata Rambut

Suka meluruskan atau mengeringkan rambut dengan alat styling panas? Lama-lama rambut berpotensi mengakibatkan rambut rontok dan botak.

Selain itu, terlalu sering melakukan penataan rambut seperti misalnya dikuncir bisa saja mengakibatkan masalah kebotakan. Karena rambut tidak leluasa dan tertarik beberapa kali.

5. Adanya Indikasi Penyakit Tertentu

Penyebab kebotakan lainnya adalah adanya indikasi penyakit tertentu. Anda perlu tahu bahwa di antara penyakit seperti penyakit autoimun, infeksi jamur pada kulit kepala dan lain – lain.

Bahkan, kondisi stres juga bisa menyebabkan masalah rambut rontok dan botak. Oleh karena itu, segera lakukan konsultasi ke dokter jika mengalami masalah seperti ini. 

Itulah lima penyebab kebotakan rambut yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News