Bugar

5 Penyebab Bibir Gatal yang Harus Anda Tahu, Tidak Nyaman!

5 Penyebab Bibir Gatal yang Harus Anda Tahu, Tidak Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa penyebab bibir gatal di sini. Bibir gatal membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga Anda perlu untuk segera merawatnya.

Ada banyak sekali penyebab bibir gatal, gatal di bibir juga bisa jadi pertanda adanya kondisi medis tertentu yang sedang Anda alami.

Lebih jelasnya, berikut lima penyebab bibir gatal yang harus Anda tahu dikutip dari blog.avoskinbeauty.com

1. Bibir Kering

Penyebab bibir gatal pertama adalah bibir kering. Bibir yang pecah-pecah dan kering terkadang membuat permukaannya terasa gatal. Ada beberapa hal yang membuat bibir kering, dari mulai kurang minum, tidak adanya kelenjar minyak di bibir, hingga cuaca yang terlalu panas.

Jika rasa gatal yang disebabkan karena bibir kering cukup parah, Anda hanya perlu melembapkan bibir kembali. Beberapa caranya yaitu minum cukup air, menggunakan pelembap bibir, dan tidak membasahi bibir dengan air liur.

Baca Juga: Wajib Coba, Simak Cara Membuat Lulur dengan Bahan Alami di Rumah

2. Infeksi

Penyebab bibir gatal selanjutnya karena infeksi. Bibir bisa mengalami gatal saat bakteri, virus, atau jamur tertentu masuk dan menginfeksi.

Virus herpes simpleks, jamur Candida albicans yang berlebih, serta bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menjadi organisme yang paling sering membuat bibir terasa gatal.

Cara mengatasi infeksi biasanya berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya berasal dari bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik.

Jika penyebabnya virus atau jamur, dokter akan memberi obat antivirus dan antijamur yang sesuai. Setelah gejala infeksinya mereda, rasa gatal perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Cuaca Ekstrim

Kemudian, cuaca ekstrim juga bisa menyebabkan bibir jadi gatal. Bibir bisa terasa gatal jika Anda tinggal atau berada di lokasi dengan cuaca yang ekstrem, seperti sangat panas, berangin kencang, atau sangat dingin, untuk waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan lip balm. Pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya, karena bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Selain itu, perbanyak minum air putih dan gunakan masker ketika berada di luar ruangan.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Kulit Berminyak yang Paling Populer, Jangan Dipercaya!

4. Cheilitis Kontak Alergi

Penyebab bibir gatal berikutnya adalah cheilitis kontak alergi. Cheilitis kontak alergi adalah peradangan pada kulit bibir akibat kontak dengan zat pemicu alergi.

Kondisi ini termasuk dermatitis kontak, biasanya ditandai dengan bibir yang gatal-gatal dan meradang. Pemicu kondisi ini biasanya disebabkan oleh lipstik, tabir surya, pasta gigi, obat kumur, dan obat-obatan.

Selain itu, makanan yang mengandung pengawet, wewangian, dan perasa buatan juga bisa menjadi penyebabnya.

Biasanya, cheilitis kontak alergi membuat bibir terlihat bengkak dan memiliki bercak kulit yang bersisik. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Alergi dan Iritasi

Penyebab bibir gatal lainnya adalah alergi dan iritasi akibat konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, penggunaan pewarna bibir atau obat kumur, serta kebiasaan menggigit bibir.

Selain membuat bibir bibir terasa gatal, reaksi alergi juga dapat menyebabkan bibir menjadi bengkak. Kondisi bibir gatal akibat alergi dan iritasi bisa diatasi dengan obat resep dari dokter. Segera konsultasi dengan dokter jika dirasa kondisi bibirmu semakin parah.

Selain itu, Anda juga bisa meredakan reaksi alergi dengan cara mengompres bibir menggunakan handuk yang dibasahi air dingin, serta mengoleskan petroleum jelly untuk membantu melembapkan bibir.

Nah, itulah beberapa penyebab bibir gatal yang harus Anda tahu. Jaga kelembapan bibir dengan rutin minum air putih dan gunakan lip balm. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News