HOME, Bugar

5 Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

5 Penyebab Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang sudah umum dijumpai saat ini atau lebih sering disebut sebagai gerd, dikutip dari Medical News Today.

Seperti diulas WebMD, bagian dalam perut kita memiliki pintu berupa katup. Katup tersebut berwujud cincin otot yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Dalam kondisi normal, katup ini bisa menutup setelah makanan atau asupan melewatinya.   

Apabila katup tersebut tidak menutup sempurna atau terlalu sering terbuka, asam yang diproduksi lambung yang seharusnya tetap tinggal di perut bisa naik ke kerongkongan sampai mulut.  

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah kelainan lambung yang disebut hernia hiatal. Kondisi ini membuat bagian atas perut dan sfingter esofagus bagian bawah bergerak di atas diafragma. 

Selain makanan, ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari menjadi penyebab asam lambung naik sehingga perlu Anda harus segera hindari. Ada beberapa penyebab penyakit asam lambung naik sebagai berikut. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Posisi tidur

Posisi kepala ketika tidur yang ideal adalah lebih tinggi dari kaki apabila suka mengalami masalah asam lambung. Anda dapat menggunakan kerangka ranjang yang mampu diatur tingginya di bagian kepala atau menggunakan bantalan busa untuk menopang tubuh bagian atas. 

Berdasarkan Harvard Health Publishing, hindari hanya menggunakan bantal untuk menopang bagian tubuh tersebut. Alasannya karena tumpukan bantal tidak efektif menjadi topangan yang tepat. 

2. Minuman bersoda

Minuman jenis ini memang mampu melepas dahaga, namun terkadang membuat Anda sendawa. Bersendawa merupakan cara tubuh melepaskan gas di perut. Sayangnya, hal ini juga mampu membuat asam lambung naik. Dengan kata lain, makanan seperti junk food dan minuman soda sebaiknya dihindari untuk Anda yang suka mengalami kenaikan asam lambung. 

3. Kebiasaan makan 

Jangan makan terburu-buru dan dalam porsi yang sangat banyak lebih dari biasanya. Ketika perut terlalu penuh akibat porsi makan berlebihan atau makanan yang tidak dikunyah dengan baik, asam lambung juga berpeluang naik dan mengganggu hari Anda.  

Daripada melakukan hal di atas, lebih baik makan dalam porsi secukupnya dan lebih sering. Tak lupa untuk tidak buru-buru menelan makanan jika belum dikunyah dengan baik. 

Baca Juga: Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Waspadai

4. Berat badan

Berat badan yang berlebihan mampu mengacaukan fungsi otot halus yang mencegah kenaikan asam lambung. Efek berat badan membuat kekuatan otot halus untuk tetap tertutup menjadi berkurang. Dengan begitu, otot halus di esofagus tersebut dapat terbuka di waktu tertentu dan menyebabkan perih ulu hati atau gejala lain akibat kenaikan asam lambung.  

5. Merokok

Efek nikotin dari rokok membuat otot halus di esofagus menjadi lebih rileks. Alhasil, asam lambung mampu naik ke kerongkongan. Hindari merokok atau ikuti program berhenti merokok jika Anda seorang perokok aktif supaya terbebas dari masalah kesehatan yang diakibatkan oleh rokok. 

Apabila kenaikan asam lambung sering terjadi, harap konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, dokter dapat mengevaluasi kondisi Anda dan mengeliminasi kemungkinan hal tersebut didasari oleh kondisi yang lebih serius. 

Selanjutnya: Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News