CLOSE [X]
ads

5 Penyebab Alzheimer yang Perlu Diwaspadai Sejak Muda

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 25 April 2022 | 10:50 WIB
5 Penyebab Alzheimer yang Perlu Diwaspadai Sejak Muda

ILUSTRASI. Penyebab Alzheimer yang Perlu Diwaspadai Sejak Muda./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/09/05/2011.


MOMSMONEY.ID - Alzheimer menjadi salah satu jenis demensia yang memengaruhi memori, pemikiran, dan perilaku pengidapnya.

Usia, keturunan atau genetik, jenis kelamin, kesehatan jantung, dan cedera kepala jadi beberapa penyebab Alzheimer yang perlu diwaspadai

Hal itu kemudian bisa memengaruhi cara berpikir yang mengarah menjadi Alzheimer. Penyebab lain adalah faktor genetik, yaitu terjadi mutasi pada gen yang diwarisi dari orang tua.

Risiko Alzheimer di usia muda menjadi lebih tinggi pada orang yang memiliki orangtua atau anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi Saat Berpuasa

Dilansir dari Alzheimer’s Association dan National Institute of Aging, ada beberapa penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda, antara lain: 

1. Masalah pada jantung

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang pertama adalah ada masalah pada jantung. Ada hubungan terkait antara kesehatan otak dan jantung.

Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, otak diberi nutrisi lewat pembuluh darah. Organ jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersebut.

Jika terjadi kerusakan pada jantung, risiko Alzheimer di kemudian hari semakin tinggi.

2. Keturunan atau genetik

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang kedua adalah punya keturunan atau genetik. 

Selain disebabkan oleh usia, faktor lainnya juga bisa berasal dari keturunan atau genetik dari garis keluarga.

Mereka yang memiliki orang tua, saudara laki-laki atau perempuan dengan Alzheimer memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini di kemudian hari.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TOPIK TERPOPULER