HOME, Bugar

5 Penyakit yang Rentan Dirasakan oleh Lansia

5 Penyakit yang Rentan Dirasakan oleh Lansia

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa penyakit yang banyak diderita oleh lansia (lanjut usia). Umumnya penyakit tersebut disebabkan oleh proses penuaan yang menurunkan fungsi organ-organ tubuh, sehingga tidak bekerja dengan semestinya. 

Penyakit ini dapat membuat lansia menjadi kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri. Dirangkum dari Healthline, berikut adalah beberapa penyakit yang sering terjadi pada lansia. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Tempe yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Sakit jantung

Sakit jantung umumnya muncul sebagai buntut dari tingginya kolesterol dan tekanan darah pada lansia. Selain memicu sakit jantung, kondisi tersebut juga berpotensi mengakibatkan stroke. 

Supaya terhindar dari penyakit orang tua ini, Anda sebaiknya mulai menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga. 

2. Diabetes

Menurut Medical News Today, 25 persen lansia hidup berdampingan dengan diabetes. Penyakit yang muncul akibat tingginya kadar gula darah ini berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lain apabila tidak segera mendapatkan penanganan. 

Untuk mengetahui apakah Anda menderita diabetes, lakukan tes untuk mengetahui kadar gula dalam darah. 

3. Penyakit alzheimer

Menurut asosiasi Alzheimer, 1 dari 9 orang yang berusia di atas 65 tahun menderita penyakit ini. Sulit untuk didiagnosis, penyakit Alzheimer menyerang fungsi otak sehingga penderitanya akan mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. 

4. Katarak

Katarak adalah munculnya lingkaran berwarna putih pada lensa mata yang terjadi secara progresif. Artinya, seiring waktu, lingkaran tersebut akan terus membesar dan menghalangi pandangan mata. 

Biasanya, gangguan kesehatan mata ini akan semakin rentan terjadi pada lansia. Selain itu, faktor risiko dari katarak adalah merokok, diabetes, dan paparan sinar ultraviolet. 

5. Tulang rapuh

Kebanyakan lansia takut jatuh. Semakin tua umur dapat memengaruhi keseimbangan dan membuat kaki kurang stabil. Terjatuh dapat menjadi sangat berbahaya jika kamu mengalami osteoporosis, yaitu kondisi yang membuat tulang kurang padat dan lebih mudah patah. 

Kondisi tersebut lebih rentan menyerang wanita berusia 50-an dibandingkan dengan pria. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Penyakit Reumatik

Sebagai langkah pencegahan sekaligus penanganan, penting bagi Anda yang telah berusia lanjut untuk menerapkan pola hidup sehat, serta mengonsumsi makanan bernutrisi. 

Selain itu, rutin berkonsultasi dengan dokter sangat penting untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Manfaat Kunyit, Mulai Meredakan Sembelit Sampai Mencegah Penyakit Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News