Bugar

5 Penyakit yang Ditandai dengan Keputihan Berlebihan

5 Penyakit yang Ditandai dengan Keputihan Berlebihan

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan. Keputihan menjadi masalah vagina yang umum dialami para wanita.

Keputihan digambarkan sebagai kondisi ketika lendir atau cairan keluar dari miss v. Sebenarnya, keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan dan melembapkan vagina, namun jika berlebihan bisa menimbulkan tanda gangguan yang serius.

Umumnya, keputihan ini normal terjadi ketika wanita mengalami menstruasi, atau ketika tengah mengandung karena perubahan hormon. Namun, apa jadinya bila keputihan berlebihan yang terjadi?

Keputihan vagina yang tidak normal umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, dari yang ringan seperti infeksi hingga cukup serius seperti kanker. 

Dilansir dari Women's Health, inilah beberapa penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan: 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Sirih yang Masih Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Infeksi bakteri

Penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan adalah infeksi bakteri. Bacterial vaginosis (BV) adalah infeksi vagina yang paling umum jadi penyebab keputihan abnormal.

BV bisa terjadi akibat ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam vagina. Belum diketahui pasti penyebabkan ketidakseimbangan ini, tapi ada banyak faktor risiko yang bisa memicunya. 

Di antaranya adalah perilaku seks yang tidak aman (tidak pakai kondom, dan sering gonta-ganti pasangan seks), penggunaan alat kontrasepsi (pil KB dan KB spiral), dan kurangnya menjaga kebersihan  

2. Infeksi jamur

Penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan lainnya adalah infeksi jamur. Keputihan juga bisa terjadi karena infeksi jamur, terutama yang diakibatkan spesies Candida albicans.

Vagina sebenarnya mengandung jamur yang tidak akan menyebabkan masalah dalam keadaan normal. 

Namun jika dibiarkan berkembang biak liar, jamur bisa menginfeksi dan menyebabkan munculnya keputihan yang tidak normal. 

3. Klamidia

Penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan selanjutnya adalah klamidia. 

Klamidia trachomatis adalah infeksi bakteri penyebab keputihan abnormal yang menular lewat hubungan seks vaginal (vagina), oral (mulut), dan anal (anus). 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

4. Gonore (kencing nanah)

Gonore adalah jenis penyakit kelamin yang juga jadi penyebab keputihan tidak normal. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. 

Bakteri gonore paling sering ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual, termasuk hubungan oral, anal atau vaginal. 

5. Trikomoniasis

Penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan terakhir adalah trikomoniasis. Trikomoniasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit yang masuk selama hubungan seks.

Masa inkubasi dari mulai terpapar hingga terinfeksi diperkirakan sekitar 5 hari sampai 28 hari. Pada wanita, penyakit ini menjadi salah satu penyebab keputihan yang berbau busuk.  

Mau terhindar dari keputihan berlebih? Makanya, jagalah kebersihan area kewanitaan agar terhindar dari risiko infeksi dan masalah lainnya.  

Itulah beberapa penyakit yang ditandai dengan keputihan berlebihan yang perlu Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News