HOME, Bugar

5 Penyakit Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan

5 Penyakit Kanker yang Rentan Menyerang Perempuan

MOMSMONEY.ID - Penyakit kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Menurut WHO, 1 dari 6 perempuan di seluruh dunia berisiko terserang kanker. Sementara itu 1 dari 11 perempuan berisiko meninggal akibat penyakit ini.

Kanker bisa menyerang bagian apa saja pada tubuh. Namun, beberapa jenis kanker berisiko besar menyerang perempuan. 

Data Globocan tahun 2018 menyebutkan terdapat 18,2 juta kasus kanker baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta jiwa. Jika dibuat perbandingan, sekitar 1 dari 5 laki-laki atau 1 dari 6 perempuan di dunia mengidap kanker.

Data tersebut menunjukkan bahwa 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal dunia akibat kanker.

Baca Juga: 5 Penyebab Penyakit Liver yang Harus Anda Ketahui

Berikut penjelasan 5 penyakit kanker yang rentang menyerang perempuan. 

1. Kanker payudara

Kanker payudara termasuk jenis kanker ganas yang paling banyak dialami perempuan . Data Globocan menunjukkan bahwa kanker payudara diidap 42,1 per 100 ribu penduduk perempuan , dengan rata-rata kematian 17 per 100 ribu penduduk.

Kanker jenis ini muncul ketika sel abnormal tumbuh di jaringan payudara, seperti kelenjar susu dan saluran payudara. Gejalanya berupa benjolan di payudara (bisa juga muncul di ketiak), perubahan bentuk atau ukuran payudara, kulit payudara memerah, nyeri pada payudara, serta puting tertarik masuk ke dalam.

2. Kanker serviks 

Kanker ini disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), virus yang erat kaitanya dengan Infeksi Menular Seksual (IMS). Hal ini bisa didapatkan dari kontak kulit ke kulit yang intim seperti ativitas seksual vaginal, anal, atau oral.  

Selain itu, kebiasaan merokok, sistem kekebalan yang lemah, infeksi klamidia, kelebihan berat badan, terpapar atau menggunakan perawatan hormon tertentu juga dapat meningkatkan risikonya. 

Penting juga untuk selalu menggunakan pelindung kondom saat berhubungan seksual. Metode pap smear bisa dilakukan sebagai upaya deteksi dini. Tes ini bisa dilakukan pada perempuan  yang aktif secara seksual untuk mengetahui kondisi kesehatan leher rahim. 

3. Kanker ovarium 

Perempuan  yang tidak memiliki anak atau bereproduksi pada usia lanjut memiliki risiko lebih tinggi pada penyakit ini. Penyakit ini disebabkan ketidakseimbangan hormon yang terjadi karena berbagai faktor.

Sulit bagi sebagian besar orang untuk mendeteksi penyakit ini. Beberapa diantaranya seperti perut bengkak dengan penurunan berat badan, masalah pencernaan, nyeri perut dan panggul serta merasa ingin buang air kecil sepanjang waktu.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Ampuh Turunkan Kolesterol 

3. Kanker usus besar

Kanker usus besar, disebut juga kanker kolorektal, rentan dialami oleh perempuan  yang kelebihan berat badan dan banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak. 

Data Globocan 2014 menunjukkan terdapat 11,7 persen kasus baru kanker usus pada perempuan . Gejala awalnya adalah perut kembung, kram perut, perubahan bentuk dan warna tinja, BAB berdarah, serta diare atau sembelit.

4. Kanker tiroid

Gangguan tiroid lebih sering terjadi pada perempuan . Perempuan  tiga kali lebih mungkin mengembangkan kanker tiroid daripada pria dan pada usia muda. Sekitar 2/3 dari kasus terjadi pada orang di bawah usia 55 tahun.

Kanker tiroid terjadi ketika sel-sel di tiroid mengalami mutasi genetik. Mutasi memungkinkan sel untuk tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Ada beberapa jenis kanker tiroid. Beberapa tumbuh sangat lambat dan yang lain bisa sangat agresif. 

Itulah jenis kanker yang paling ditakuti perempuan  karena keganasannya. Kalau tiba-tiba muncul benjolan pada tubuh dan tak kunjung hilang, jangan ragu berbicara dengan dokter ahli. 

Selanjutnya: 10 Tanaman Herbal yang Ampuh Membunuh Penyakit Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News