HOME, Bugar

5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

5 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Batu Ginjal

MOMSMONEY.ID - Batu ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan penumpukan kristal dan batu-batu mineral pada ginjal - di samping juga berkurangnya volume urine, dikutip dari Healthline.

Mengetahui pantangan batu ginjal tentu menjadi penting agar penderitanya cepat pulih dan mencegah kondisi yang lebih parah.

Dilansir dari NYU Langone Health, dokter tidak hanya memberikan obat untuk mengatasi sakit ginjal, melainkan juga merekomendasikan perubahan gaya hidup.

Gaya hidup yang lebih sehat dilakukan untuk mengatasi gejala penyakit ginjaldan mencegah risiko komplikasi.

Baca Juga: Inilah Gejala Kencing Batu yang Perlu Diwaspadai

Dirangkum dari Healthline dan Health Focus, berikut ini pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal, antara lain:

1. Garam

Pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal pertama adalah garam. Kadar garam tinggi bisa memicu penumpukan kalsium di urine, sehingga penderita batu ginjal mungkin harus berhati-hati dengan garam.

Anda bisa menghindari penambahan garam saat mengolah makanan. Apabila membeli makanan olahan, pastikan Anda juga mengecek dengan saksama kandungan garam di label makanantersebut.

2. Makan makanan olahan

Pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal kedua adalah makan makanan olahan. Para penggemar makanan olahan yang menderita penyakit ginjal mungkin perlu menahan diri.

Hal ini dikarenakan konsumsi makanan olahan juga menjadi pantanga bagi para penderita sakit ginjal karena mengandung fosfor dan sodium tinggi.

3. Minuman berkarbonasi / kola

Pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal selanjutnya yaitu minuman berkarbonasi atau kola. Walau menyegarkan, minuman kola dapat menjadi pantangan batu ginjal yang harus dihindari.

Minuman kola tinggi dengan fosfat, senyawa lain yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Inilah Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal di Usia Muda

4. Diet tinggi protein

Pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal keempat adalah diet tinggi protein. Protein adalah salah satu nutrisi yang biasa ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan susu.

Tubuh memang membutuhkan protein untuk membangun otot, sel darah merah, hingga hormon. Namun, bagi para penderita penyakit ginjal perlu mengurangi konsumsi proteinagar tidak terlalu banyak.

5. Kurang tidur

Pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal kelima adalah kurang tidur. Tahukah Anda bahwa ternyata kurang tidur dapat menurunkan fungsi ginjal?

Faktanya, penelitian yang dipublikasikan di World Journal of Nephrology memperlihatkan bahwa gangguan tidur berdampak pada fungsi ginjal secara keseluruhan.

Itulah 5 pantangan yang harus dihindari penderita batu ginjal yang perlu Anda ketahui. 

Pantangan batu ginjal perlu dihindari dan dikurangi untuk mempercepat peluruhan kristal, serta menurunkan risiko munculnya kembali batu tersebut.

Selalu ikuti arahan dokter Anda terkait diet khusus yang diberikan, serta patuhi dengan baik anjuran dalam meminum obat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News