Bugar

5 Olahraga untuk Kesehatan Mata yang Bisa Dicoba

5 Olahraga untuk Kesehatan Mata yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Olahraga untuk kesehatan mata bermanfaat membuat mata lebih nyaman, mengatasi mata lelah, mencegah penglihatan buram, dan membuat penglihatan lebih fokus.

Olahraga untuk kesehatan mata terbilang disarankan untuk dilakukan, apalagi jika Anda banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer.

Guna meningkatkan kesehatan mata, Anda bisa melakukan beberapa olahraga mata. Dilansir dari Healthline inilah beberapa olahraga untuk kesehatan mata yang bisa dicoba, antara lain: 

Baca Juga: 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Latihan mengubah fokus

Gerakan ini dilakukan sembari duduk. Caranya, letakkan satu jari di depan salah satu mata. Fokuskan pandangan pada jari tersebut, lalu jauhkan jari dari wajah.

Kemudian, alihkan pandangan pada objek lain, lalu kembali fokuskan pandangan pada jari. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali hingga mata terasa nyaman. 

Latihan fokus dekat dan jauh

Gerakan olahraga mata ini dilakukan sambil duduk. Caranya, letakkan ibu jadi dalam jarak 25 sentimeter dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari selama 15 detik.

Kemudian, alihkan pandangan pada objek lain yang berada 3 hingga 6 meter selama 15 detik. Lalu kembalikan fokus pada ibu jari. Lakukan cara ini sebanyak 5 kali.

Menggerakkan mata

Gerakan olahraga mata ini bermanfaat untuk mengatasi ketegangan mata. Caranya, tutup mata dan gerakkan bola mata ke atas ke bawah. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.

Lalu, gerakkan bola mata ke kiri ke kanan. Ulangi sebanyak 3 kali dan lakukan dengan rutin.

Baca Juga: Manfaat Kacamata Hitam untuk Mencegah Penyakit Mata

Latihan 20-20-20

Olahraga untuk kesehatan mata selanjutnya adalah latihan 20-20-20. Metode ini efektif mengatasi mata kejang akibat seharian menatap layar gadget.

Caranya, alihkan pandangan dengan melihat sebuah objek yang berada dalam jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Tatap objek tersebut selama 20 detik. Lakukan setiap 20 menit sekali.

Gerakan angka 8

Olahraga untuk kesehatan mata  yang terakhir adalah gerakan angka 8. Olahraga ini dilakukan dengan memfokuskan pandangan berjarak 8 kaki pada sebuah objek di lantai.

Kemudian, putar bola mata membuat gerakan angka 8 sembari menatap lantai. Lakukan gerakan ini selama 30 detik. Lalu ubah gerakan ke arah sebaliknya.

Luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga mata agar mata tetap sehat. Jika Anda mengalami keluhan pada mata, atau membutuhkan saran lebih lanjut mengenai kesehatan mata, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News